EPP Empat Kecamatan Ditunda

EPP Empat Kecamatan Ditunda

Medialampung.co.id - Pelaksanaan evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lambar di empat kecamatan terpaksa ditunda. Hal itu mengingat adanya surat edaran dari pemerintah pusat, gubernur dan bupati terkait antisipasi tentang pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

"Dari 15 kecamatan di Kabupaten Lambar, baru 11 kecamatan yang telah dilakukan EPP, sedangkan empat kecamatan yaitu Kecamatan Airhitam, Kecamatan Gedungsurian, Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan," ungkap  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Ronggur Tobing, S.I.P, M.Si.

Kata dia, seharusnya EPP di Pekon Suka Damai Kecamatan Airhitam dan Pekon Ciptawaras Kecamatan Gedungsurian dilaksanakan Rabu (18/3) serta Kamis (19/3) di Pekon Ringinsari Kecamatan Suoh dan Pekon Trimekar Jaya Kecamatan Bandarnegeri Suoh namun ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

Ronggur mengatakan, adapun  indikator EPP tahun 2019 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat,  pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.

Lalu, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat. 

Ia menambahkan, tim penilai lomba EPP tingkat kabupaten terdiri dari  DPMP, Tim Penggerak (TP) PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Kemudian, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH), Satuan Polisi Pamong Praja, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta Dinas Perikanan

Sekadar diketahui, EPP tingkat Kabupaten Lambar telah dilaksanakan di 11 kecamatan yaitu Senin (9/3) di Pekon Buanyerupa Kecamatan Sukau dan Pekon Padangdalom Kecamatan Balikbukit, Selasa (10/3) di Pekon Bedudu Kecamatan Belalau dan Pekon Canggu Kecamatan Batubrak, Rabu (11/3) Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau dan Pekon Atar Bawang Kecamatan Batuketulis, serta Kamis (12/3) penilaian EPP dilaksanakan di Pekon Ujungrembun Kecamatan Lumbokseminung.

Kemudian, Senin (16/3) Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa dan Pekon Puralaksana Kecamatan Waytenong, Selasa (17/3) Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu dan Pekon Way Petai Kecamatan Sumberjaya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: