Enam UPK Eks PNPM-MP Bertransformasi Jadi BUMDes Bersama

Enam UPK Eks PNPM-MP Bertransformasi Jadi BUMDes Bersama

Medialampung.co.id. - Sebanyak enam unit pengelolaan kegiatan (UPK) dana bergulir masyarakat eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di Lampung Tengah bertransformasi menjadi BUMDes Bersama (BUMDesMa). 

Launching pertama di luar Pulau Jawa ini digelar di Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusannunyai, yang dihadiri Staf Khusus Kementerian Desa Dr. Nasrun Annahar, M.A.P.  dan Kadis PMDT  Lampung Dr. Zaidirina, M.Si.

Kepala Dinas PMK Lamteng Fathul Arifin menyatakan enam UPK eks PNPM-MP yang bertransformasi jadi BUMDes Bersama adalah Kecamatan Anakratu Aji, Terusannunyai, Kalirejo, Terbanggibesar, Seputihraman, dan Bandarsurabaya. 

"Ini launching pertama di luar Pulau Jawa. Pertama kali di-launching di Jawa Timur dan yang kedua Lampung, tepatnya di Lamteng," katanya.

Transformasi ini, kata Fathul, adalah amanat Permendes No. 15/2011 tentang Tata Cara Pembentukan Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat eks PNPM-MP menjadi BUMDesMa. 

"Peresmian ini menjadi yang tercepat pertama di luar Pulau Jawa," ujarnya.

Sedangkan Staf Khusus Kementerian Desa Dr. Nasrun Annahar, M.A.P. menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Bupati Lamteng yang telah memfasilitasi transformasi UPK eks PNPM-MP menjadi BUMDesMa. 

"Saya sangat apresiasi kepada Bapak Bupati Lamteng telah memfasilitasi transformasi UPK," katanya.

Sementara Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Eko Dian Susanto mewakili Bupati Musa Ahmad mengapresiasi atas proses transformasi yang telah dilakukan oleh 6 UPK ini.

"Terima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Desa. Kami tidak menyangka bahwa proses transformasi ini menjadi yang tercepat di luar Pulau Jawa," katanya 

Tentunya, kata Eko, hal ini masih membutuhkan bimbingan agar berjalan dengan baik. 

"Tentunya masih tetap membutuhkan bimbingan dari Kementerian Desa dan Dinas PMDT Lampung," ungkapnya. (sya/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: