Ekonomi Lampung Bertumbuh 5,27 %

Ekonomi Lampung Bertumbuh 5,27 %

Medialampung.co.id - Ekonomi Provinsi Lampung tahun 2019 bertumbuh 5,27 %. Angka tersebut sedikit menguat dibanding capaian tahun 2018, yakni 5,25 %. Demikian berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Lampung, Nurul Andriana mengatakan, dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Pengadaan Listrik dan Gas, serta Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum.

”Kalau dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertnggi dicapai Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Proft sebesar 10,15 %,” katanya, Rabu (5/2).

Ekonomi Provinsi Lampung triwulan IV-2019 dibanding triwulan IV-2018 tumbuh 5,07 % (y-on-y).

Jika dilihat dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh seluruh lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum.

Apabila dilihat dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 27,44 %.

Sementara Ekonomi Provinsi Lampung triwulan IV-2019 dibandingkan triwulan III-2019 mengalami kontraksi sebesar 8,42 % (q-to-q).

Dari sisi produksi, itu disebabkan efek musiman pada Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sehingga produksinya turun 23,25 %.

”Kalau dilihat dari sisi pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah mengalami pertumbuhan 34,79 %,” tandasnya.

Terusnya, pertumbuhan ekonomi Pulau Sumatera tercatat sebesar 4,57 %, dengan laju tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan yang tumbuh 5,71 %. (ega/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: