ODP di Pesbar Masih 25 Orang

ODP di Pesbar Masih 25 Orang

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini mencatat jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Coronavirus Disease (Covid-19) mencapai 25 orang, jumlah tersebut mengalami penurunan dari pekan lalu yang mencapai 87 orang.

Sekretaris Kabupaten Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., mengatakan semenjak dikeluarkan surat edaran Bupati Pesbar terkait pencegahan penyebaran Covid-19 itu, berbagai upaya telah dilakukan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di kabupaten setempat.

“Sejumlah langkah antisipasi telah kita lakukan, seperti melakukan pemantauan ODP yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes), dan memastikan bahwa tidak ada masyarakat Pesbar yang terpapar virus tersebut,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam menetapkan ODP saat ini mengalami perubahan kriteria, dimana sebelumnya warga yang masuk ODP merupakan warga yang telah bepergian keluar daerah terutama pada daerah terjangkit Covid-19, namun kini penetapan ODP berdasarkan gejala yang ditemukan saat pemeriksaan kesehatan.

“Berdasarkan data yang ada hingga hari ini jumlah ODP di Pesbar sebanyak 25 orang, dan sebanyak lima orang telah selesai masa ODP da dinyatakan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, terkait status Kabupaten Pesbar dalam menghadapi penyebaran virus tersebut adalah siaga darurat, artinya semua masyarakat harus mewaspadai wabah tersebut dan mematuhi imbauan yang disampaikan pemerintah.

“Untuk menyikapi dan menangani situasi saat ini, camat dan peratin harus berbuat aktif mengendalikan masyarakat agar tidak saling kunjung,” terangnya.

Selain itu, hingga kini masih ada warga negara asing (WNA) tinggal di Kabupaten Pesbar, namun WNA yang berada di Pesbar sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat.

“Jika masih ada WNA yang masuk ke Pesbar maka harus dilakukan pemeriksaan, karena itu peran aktif Dispar dan PHRI untuk melaporkan kunjungan WNA ke kabupaten ini,” ujarnya.

Lanjutnya, jumlah masyarakat yang telah dilakukan pemeriksaan kesehatan hingga kini mencapai 510 orang dan pelaku perjalanan sebanyak 414 orang, dari jumlah warga yang diperiksa kesehatannya tersebut, semuanya dinyatakan sehat.  

“Alhamdulillah sampai sekarang Kabupaten Pesbar masih aman dari Covid-19 itu, meski ada warga yang masuk dalam ODP namun tidak ada yang dinyatakan suspect apalagi sampai positif terjang Covid-19,” tandasnya. (ygi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: