Tim Satgas Covid-19 Buat Jarak Antar Pedagang-Pembeli

Tim Satgas Covid-19 Buat Jarak Antar Pedagang-Pembeli

Medialampung.co.id - Tim Satgas Covid-19 Kota Metro melakukan sosialisasi dan penertiban pasar untuk physical distancing (jaga jarak) antara penjual dan pembeli, di area Pasar Cendrawasih, Mega Mall dan Pasar Kopindo, Sabtu (2/5).

Diungkapkan Wakil Wali Kota Metro Djohan, Lapak pedagang ditata dengan memberi jarak 1,5 meter dan memberi kotak yang telah diberi nomor. 

"Dengan adanya jarak antar pedagang mempermudah pedagang dan pembeli dalam bertransaksi. Sebab tidak berdesakan seperti sebelumnya,"tuturnya, Sabtu (2/4).

Menurutnya, Pencegahan penyebaran Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya aparat setempat.

"Mari kita lakukan sosialisasi ini dengan pendekatan persuasif namun tegas,” katanya.

Selain penertiban physical distancing penjual dan pembeli. Aktivitas bongkar muat barang dan dagangan juga akan ditertibkan. 

"Terhitung nanti malam akan dilakukan peralihan mobil bongkar muat barang. Yang biasanya dilakukan di ruas Jalan Imam Bonjol, kini ke area parkir Pasar Cendrawasih. Peralihan ini kami tujukan untuk mengantisipasi kemacetan pada malam hari. Untuk bongkar muat barang akan ditetapkan waktu beroperasinya,” ungkapnya.

Wakil Walikota Metro berharap pedagang menaati imbauan pemerintah demi keamanan dan kenyamanan aktivitas warga di pasar.

“Untuk mewujudkan itu, diharapkan pedagang pasar dan warga dapat mematuhi aturan yang ada demi kebaikan bersama guna menjaga Kota Metro dari penyebaran Covid-19,"ujarnya.

Sementara, Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati menambahkan, distribusi kebutuhan ekonomi tidak boleh terhenti, terutama kebutuhan pokok. Namun juga harus menggunakan protap kesehatan.

Begitu pula dengan Dandim  0411/LT Letkol Czi Burhanudin, mengajak aparatur dan petugas keamanan untuk memberikan contoh kepada para pedagang dan pembeli tentang physical distancing.(pip/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: