Tim PKM-PI UM Metro Gelar Pendampingan SMASH ke Pengurus Bank Sampah

Tim PKM-PI UM Metro Gelar Pendampingan SMASH ke Pengurus Bank Sampah

Medialampung.co.id - Mahasiswa Prodi D3 Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah (UM) Metro yang tergabung dalam tim PKM-PI menggelar kegiatan Pendampingan penggunaan aplikasi Sistem Online Manajemen Sampah (SMASH) secara luring kepada pengurus Bank Sampah Cangkir Hijau.

Tim yang beranggotakan Wahyu Tedi Kurniawan, Said Romadhon, Azzahra Fitri Amillina, dan Rahma Monika itu melakukan pendampingan di Kecamatan Metro Timur. Dengan peserta, pimpinan dan tiga pengurus Bank Sampah Cangkir Hijau, dengan konsep pelatihannya Training of Trainers (ToT).

Mustika, M.Kom dosen pembimbing PKM-PI mengatakan, materi pelatihan meliputi penggunaan aplikasi Smash.id untuk proses pendaftaran nasabah baru dan monitoring saldo nasabah. 

“Kegiatan ini merupakan janji mahasiswa secara tertulis dalam proposal PKM-PI, Alhamdulillah proposal mahasiswa ini disetujui dan didanai oleh Kemendikbud, sehingga kegiatan ini dapat direalisasikan," ujarnya, Kamis (12/8).

Wahyu Tedi Kurniawan Ketua Tim Kegiatan menerangkan, kegiatan PKM-PI ini dibagi menjadi dua tahapan dengan konsep blended. Pertama, untuk pengurus menggunakan luring, sedangkan untuk nasabah pelatihan yang dilaksanakan dengan media zoom.

"Harapannya semoga langkah kecil yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi mitra, yang memiliki misi mulia menjadikan lingkungan sekitar bebas sampah," ujarnya. 

Sementara, Erik Pujianto pimpinan mitra merespon baik kegiatan yang dilaksanakan ini. Menurutnya, kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat karena sesuai dengan kebutuhan Bank Sampah yang pihaknya kelola. Maka, dengan adanya aplikasi yang diberikan membuat Bank Sampah lebih mudah dalam mengelola data dan keuangan nasabah.(pip/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: