Tim Gugus Tugas Penyebaran Corona Lamteng Dibentuk

Tim Gugus Tugas Penyebaran Corona Lamteng Dibentuk

Medialampung.co.id. - Dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), Pemkab Lampung Tengah membentuk Tim Gugus Tugas Pencegahan Penularan Virus Corona (Covid-19), Selasa (17/3). Sejumlah elemen dilibatkan dalam gugus tugas ini, baik TNI, Polri, DPRD, dan OPD.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan, penanganan Covid-19 ini memiliki beberapa tugas.

"Ada beberapa tugas gugus tugas yang akan dilaksanakan. Yakni sosialisasi penanganan Covid-19, mengkoordinasikan penanganan Covid-19 dengan seluruh pihak terkait, dan memantau pola penyebaran Covid-19 di dalam maupun luar daerah," katanya dalam rapat di Nuwo Balak yang dihadiri Forkopimda dan sejumlah kepala OPD.

Tidak hanya itu. Loekman menyatakan tugas gugus tugas melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kawasan maupun orang suspect Covid-19.

"Juga membuat pusat informasi terpadu tentang penanganan Covid-19 dan beberapa tugas lainnya berkaitan dengan upaya pencegahan Covid-19 di Lamteng," ujarnya.

Loekman juga meminta agar gugus tugas ini nantinya merumuskan beberapa strategi terkait pencegahan penularan Covid-19.

"Rumuskan beberapa strategi pencegahan serta melakukan survey harga sembako dan ketersediaan alat kesehatan di apotek-apotek," ungkapnya.

Loekman menetapkan bahwa Lamteng siaga darurat bencana wabah penyakit akibat coronavirus.

"Kita siaga darurat virus corona terhitung selama 15 hari mulai 16-31 Maret 2020. Petugas gugus tugas juga harus mengantisipasi adanya penimbunan alat kesehatan seperti masker, desinfektan, dan hand sanitizer," ujarnya.

Tim gugus tugas, kata Loekman, harus memasifkan sosialisasi langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19.

"Adapun langkah preventif, untuk sementara kalau bertemu orang kita tidak jabat tangan. Hindari atau membuat kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Tapi, tetap kita jangan terlalu gegabah dalam mengambil langkah-langkah. Kita tetap pikirkan dampak sosial dan ekonomi. Paling terpenting, kita jangan panik dan tetap waspada. Mari kita semua berdoa semoga daerah kita dijauhkan dari segala musibah. Kepada seluruh ASN di Lamteng diinstruksikan untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan dinas ke luar daerah," tegasnya. (sya/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: