Nelly : Perpustakaan Keliling Untuk Membangun Minat Baca

Nelly : Perpustakaan Keliling Untuk Membangun Minat Baca

Medialampung.co.id - Ketua TP-PKK Kabupaten Mesuji Nelly Wati Saply menghadiri kegiatan Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam acara Layanan Perpustakaan Keliling dan Pembinaan Pustakawan SD se-Kecamatan Way Serdang di SD Negeri 14 Desa Labuhan Baru Rabu (11/3).

Dalam Sambutanya, Nelly Wati mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas pustakawan SD, khususnya di Kecamatan Way Serdang. 

Menurutnya, Perpustakaan merupakan cermin indikator kemajuan sebuah bangsa dan gambaran citra seorang individu dalam mengembangkan dirinya melalui ilmu pengetahuan yang didapat di perpustakaan.

“Haruslah kita sadari bersama bahwa perpustakaan mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan sepanjang masa, sehingga mutualitas lulusan sekolah bergantung pada kualitas dan kuantitas dari koleksi buku-buku perpustakaan tersebut yang dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Nelly.

Selain itu, menurutnya Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa.

Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan ilmu pengetahuan sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan bagi para pemustaka, sehingga sudah sewajarnya kegiatan literasi yang selama ini dipandang sebelah mata kini mendapatkan perhatian lebih.

“Saya rasa hal ini sangat penting dalam upaya menjalankan kewajiban Pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang sejalan dengan visi dan misi Pemkab Mesuji untuk mewujudkan masyarakat yang agamis, berbudaya, unggul, dan berdaya saing melalui pendidikan yang bermutu,” ujarnya.

Pemkab Mesuji, lanjutnya, menyadari bahwa untuk menciptakan masyarakat pembaca memerlukan sarana dan prasarana yang memadai.

“Tahun ini akan kita mulai pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah yang berlokasi samping Kantor Camat Tanjung Raya di Desa Brabasan. Mohon doa dan dukungan Bapak dan Ibu sekalian agar gedung perpustakaan dapat selesai pada tahun ini sesuai target,” imbuhnya.

Untuk sementara, sambil menunggu pembangunan gedung perpustakaan selesai, kita masih mengoptimalkan penggunaan Mobil Perpustakaan Keliling. Dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, masyarakat memperoleh kemudahan dalam memperoleh layanan perpustakaan sampai ke seluruh desa.

“Selain itu, tujuannya untuk membangun minat baca dan mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Sekarang sudah jamannya pelayanan jemput bola, kita memudahkan masyarakat, kita melayani masyarakat dengan maksimal,” jelasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji Najmul Fikri, Camat Way Serdang Anwar Pamuji Kepala Sekolah dan Pustakawan SD se-Kecamatan Way Serdang. (muk/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: