Napi Lapas Kotabumi Bangun Sarana Panggung Hiburan Rakyat

Napi Lapas Kotabumi Bangun Sarana Panggung Hiburan Rakyat

Medialampung.co.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tengah membangun sarana Panggung Hiburan Rakyat bagi masyarakat khususnya warga Kotabumi. 

Panggung hiburan rakyat ini dibangun di taman Tugu Payan Mas Kotabumi, Selasa (15/3).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi, Endang Lintang Hardiman saat dikonfirmasi mengatakan, dalam pengerjaan pembangunan panggung rakyat ini menerjunkan sedikitnya 15 orang warga binaan Lapas.

“Ada 15 orang warga binaan yang kita turunkan untuk membangun panggung hiburan rakyat ini,” kata Kalapas, Endang Lintang Hardiman.

Dikatakan Endang, pembangunan panggung ini terus dikebut. Bahkan pria paruh baya ini menargetkan malam minggu yang akan datang panggung hiburan ini dapat digunakan oleh masyarakat Kotabumi.

“Pembangunannya kita kebut, mudah-mudahan malam minggu ini bisa kita gunakan bersama,” katanya lagi.

Lebih lanjut, Endang mengatakan yang menjadi dasar pihaknya melakukan pembangunan di Kabupaten Lampura ini adalah untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Lapas bukanlah suatu tempat yang tertutup, menakutkan dan tempat yang tidak ramah. 

Selain itu pihaknya ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa Lapas merupakan suatu tempat yang terbuka bagi publik.

“Sekarang ini ‘Lapas go public’, Jadi Lapas menyentuh langsung kepada masyarakat dan pemerintah daerah. Nah kita lihat bahwa di Lampura ini dibutuhkan penggerak untuk berubah,” ujarnya.

Menurutnya, di Kabupaten Lampura Ini banyak orang cerdas dan pintar, namun tidak dapat menginfeksikan di lapangan atau dengan sebutan Omdo (Ngomong doang), cerita doang dan mikir doang.

“Jadi kita mendobrak supaya segala sesuatu jangan diukur dengan uang. Nah ketika kita berbicara uang dulu itu bahaya. Ayo kita tunjukan karya kita, kerja kita nanti pasti ada saja orang-orang yang peduli dan akan tersentuh dengan cara memberikan anggaran. Nah Mindset ini yang akan kita buka dan kita rubah,” jelasnya.

Setelah panggung ini selesai, Dirinya berharap kepada seluruh warga Lampura agar apa yang sudah diberikan dan dibangun ini dapat dijaga dengan baik dan dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Lampura untuk bersama-sama mendorong membangun Lampura, Jangan hanya bisa mencela, jangan hanya bisa mengkritik, Tapi tunjukan bahwa kita ini bisa berbuat apa demi kemajuan kabupaten kita tercinta,” tandasnya.

Sementara itu Afeng Ferdi salah satu tokoh masyarakat Lampung Utara mengapresiasi apa yang telah diperbuat oleh Lapas Kelas IIA Kotabumi di Lampung Utara ini. Sebagai warga masyarakat dirinya mendukung penuh program Kalapas yakni memasyarakatkan warga binaan.

“Saya mengapresiasi semangat gotong royong Lapas Kotabumi khususnya warga binaan dalam rangka pembangunan panggung hiburan rakyat di taman Tugu Payan Mas ini,” ucap Walid--sapaan akrabnya.(adk/ozy/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: