Drainase Kurang Maksimal, Lingkungan Tugusari II Jadi Langganan Banjir

Drainase Kurang Maksimal, Lingkungan Tugusari II Jadi Langganan Banjir

Medialampung.co.id - Beberapa rumah warga di Lingkungan Tugusari II, Kelurahan Tugusari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menjadi langganan banjir ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Kondisi tersebut kerap membuat pemilik rumah direpotkan karena air masuk hingga ketinggian Tiga puluh Centimeter (CM) ke dalam rumah.

Sukarsih, salah satu pemilik rumah menyebutkan sering terendamnya beberapa rumah warga di lingkungan itu selain karena kondisi bangunan lebih rendah dari badan jalan dan bangunan lainnya di sekeliling juga disertai

Bagian dibelakang rumah yang juga rumah warga dan sekolahan lebih tinggi dan kondisi saluran air drainase lebih kecil dari besaran air. "Kondisi siring juga terlalu kecil, sementara air mengalir satu arah besar dan membuat air meluap," katanya.

Terkait itu Sukarsih dan warga lainnya berharap kepada pihak kelurahan mendapatkan solusi mengatasi kondisi yang terjadi seperti pembangunan drainase lebih layak atau upaya jitu lainnya. 

Terpisah Lurah Amir Syafarudin, S.E., membenarkan kondisi yang terjadi, dan hal itu menjadi kendala warga terdampak. "Rendaman air hujan itu karena kondisi drainase yang tidak memungkinkan lagi, ditambah sumbatan sampah," katanya. 

Lanjutnya  kondisi tersebut sudah lama terpantau, namun kelurahan tidak bisa bertindak lantaran jalur itu statusnya milik kabupaten dan kelurahan tidak adanya anggaran yang dapat digunakan karena sifat pembangunan membutuhkan dana besar.

Amir juga berharap kepada Pemkab Lambar dapat melakukan upaya peningkatan pembangunan drainase tersebut sebagaimana harapan Sukarsih dan warga lainnya. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: