DPRD Tanggamus Dukung Pengembangan Kawasan Tambak Udang

DPRD Tanggamus Dukung Pengembangan Kawasan Tambak Udang

Medialampung.co.id - Rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggulirkan program pengembangan kawasan tambak udang seluas 100 hektar di Kabupaten Tanggamus direspon positif DPRD setempat. 

Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan mengatakan, DPRD sangat mendukung program pengembangan kawasan tambak udang tersebut. 

“Kami sangat berharap program ini dapat terealisasi di Tanggamus, karena akan berdampak pada pemanfaatan lahan yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal,” kata Heri.

Karenanya terkait dengan persyaratan-persyaratan untuk mendapatkan program ini, kami berharap semua pihak yang terkait bisa segera melakukan langkah cepat untuk memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut. 

Selanjutnya, kami juga berharap semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dapat melihat program ini sebagai sebuah peluang yang sangat baik sekali. 

Untuk itu dibutuhkan Kerjasama dan pemahaman dari semua pihak, untuk sama sama mendukung agar program ini terealisasi di Tanggamus, ungkap Heri Agus Setiawan. 

“Karena dari seluruh Indonesia hanya ada 5 Provinsi yang menjadi tempat digulirkannya program ini dan salah satunya Provinsi Lampung dengan lokasinya di Kabupaten Tanggamus,” terangnya. 

Akan banyak manfaat dari program pengembangan kawasan tambak udang ini salah satunya penyerapan tenaga kerja, kedua ini diharapkan dapat menjadi semacam pilot project sehingga untuk lahan lahan sekitarnya atau masyarakat yang punya lahan bisa mencoba untuk mengembangkan tambak udang di Tanggamus, pungkas Heri Agus Setiawan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bupati Tanggamus Dewi Handajani, menerima Kunjungan Kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, dalam rangka Rapat Persiapan Lahan Integrated and Revitalization Shrimp Farming.

Pada kesempatan itu Koordinator Bidang Penataan Kawasan Ditjen Perikanan Budidaya KKP, Imam L. Barizi, menyampaikan bahwa program yang akan dilaksanakan berupa pengembangan kawasan tambak udang seluas 100 hektar, dengan target produksi mencapai 2 ribu ton. 

"Kami juga akan memberikan bantuan berupa eksavator untuk memperbaiki tambak yang terkendala. Kemudian kami juga memberikan bantuan paket dukungan pendanaan untuk masyarakat mengelola tambak tersebut, dan kami juga akan mendistribusikan kincir yang semua itu masuk dalam APBN. Harapan kami di tahun 2022 sudah mulai membangun tambak udang, serta bisa menjadi kawasan udang yang terideal di Kabupaten Tanggamus," terang Imam. 

Imam menambahkan, tujuan dari kegiatan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan pembudidaya udang, memperbaiki infrastruktur dan konstruksi kawasan tambak tradisional, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan penerimaan devisa negara, serta peningkatan penerimaan pajak. 

Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tanggamus, dalam rangka program pembangunan kawasan tambak udang di Kabupaten Tanggamus. 

Menurut Dewi, program tersebut akan membawa dampak baik bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus, melalui pemanfaatan lahan yang dapat dijadikan sumber ekonomi baru bagi masyarakat. 

"Kami dari Pemkab Tanggamus siap untuk mendukung apa yang menjadi kewenangan dari pemerintah daerah dan dari legislatif, untuk mendukung apa yang menjadi permasalahan lahan agar bisa dioptimalkan kedepan," kata Dewi. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: