DLH Lampura Kekurangan Armada Truk Sampah

DLH Lampura Kekurangan Armada Truk Sampah

Medialampung.co.id - Penataan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terus dilakukan. 

Sarana dan prasarana penunjang terkait masalah sampah kembali dioptimalkan.

Meskipun saat ini Kabupaten Lampung Utara (Lampura), telah memiliki 10 unit armada mobil pengangkut sampah, hal tersebut belum mampu untuk membuat Lampura menjadi wilayah bersih dari sampah secara maksimal.

Hal tersebut dikemukakan, Kepala Bidang Penanggulangan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Indra Gunawan. 

Ia mengatakan, penataan dan pembersihan sampah di jalan utama sedikit memiliki Kendala, hal tersebut dikarenakan mobil pengangkut sampah sebagai tidak mampu beroperasi secara maksimal.

”Bisa dilihat saja, dari 10 unit, hanya enam mobil truck yang bisa beroperasi, untuk mengangkut sampah, sedang empat di antaranya masih dalam perbaikan,” kata Indra Gunawan, Senin (25/1).

Menurutnya, permasalah penataan dan pembuangan sampah bisa dilakukan secara maksimal, apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya pun menjadi salah satu faktor pendukung utama, untuk menjadikan Lampura, menjadi kota bersih dari sampah.

”Ya. dari 10 unit armada kita sebagian telah mengalami kerusakan, kita perlu adanya penambahan armada untuk pengangkut sampah, sehingga Lampura bisa bebas dari pembuangan sampah yang tak beraturan,” ujarnya.

Kendati demikian, menurut Indra, sebelum mengambil langkah tersebut, dirinya terlebih dahulu akan melakukan koordinasi kepada bagian aset tentang perihal permohonan penambahan armada.

”Kita akan coba untuk koordinasi ke bagian Aset terlebih dahulu, terkait penambah armada ini,” kata dia.(adk/ozy/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: