Dispersip Lambar Bina Perpustakaan Sekolah dan Pekon

Dispersip Lambar Bina Perpustakaan Sekolah dan Pekon

Medialampung.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gencar melaksanakan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah dan pekon yang ada di kabupaten ini.

Seperti halnya pada Rabu (24/11), tim dari Dispersip melakukan pembinaan perpustakaan di Sekolah MTs Al Hidayah Tanjungraya dan Balai Pekon Hanakau Kecamatan Sukau.

Kepala Dispersip Lambar Yudha Setiawan mengungkapkan, tahun ini pihaknya telah melaksanakan pembinaan di 21 perpustakaan sekolah dan 11 pekon yang ada di kabupaten ini.

Menurut Yudha, tujuan dilaksanakannya pembinaan perpustakaan ini yaitu supaya perpustakaan sekolah dan perpustakaan pekon memahami pengelolaan perpustakaan, menciptakan kualitas sumberdaya manusia (SDM), untuk memanfaatkan perpustakaan terciptanya budaya baca. 

Selain itu, perpustakaan memiliki peran dan fungsi menyiapkan koleksi buku cetak, perpustakaan juga dapat dijadikan wadah kegiatan masyarakat sebagai transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial

Lanjut dia, untuk materi pembinaannya secara umum sama antara sekolah dan pekon, seperti cara pengolahan buku, pelayanan pemustaka, bahan pustaka, kelengkapan sarana, penataan ruang, sumber daya manusia (SDM) tenaga pengelola perpustakaan, fasilitas IT dan lainnya. 

“Dengan adanya pembinaan kepada perpustakaan ini, diharapkan perpustakaan tersebut lebih berkembang, pengelola perpustakaan memahami pengelolaan perpustakaan, perpustakaan sebagai pusat sumber belajar untuk mendorong terciptanya budaya baca sehingga pada akhirnya masyarakat memahami literasi dan literasi menuju kesejahteraan,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: