Disnaker Pelatihan Berbasis Kompetensi Bersama UPTD BLK se-Lampung

Disnaker Pelatihan Berbasis Kompetensi Bersama UPTD BLK se-Lampung

Medialampung.co.id - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung kembali menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2021 bersama UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) se-Lampung, acara pembukaan pelatihan di aula BLK Bandarlampung, Senin (8/3).

Kepala Disnaker Lampung Agus Nompitu mengatakan pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan program kerja yang melibatkan empat BLK, yaitu BLK Bandarlampung, BLK Kalianda, BLK Metro, dan BLK Kotabumi.

Total peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 672 peserta atau Pencari Kerja (Pencaker) dari empat BLK tersebut.

“Kalau yang hadir saat pembukaan hanya perwakilan saja karena lagi pandemi Covid-19. Kalau kumpul semua tentu kita tidak sesuai protokol kesehatan (prokes),” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwasanya tujuan pelatihan berbasis kompetensi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbasis kompetensi. Sehingga diharapkan peserta yang lolos untuk mengikuti pelatihan ini dapat mengikutinya dengan sebaik mungkin.

“Keseluruhan rangkaian pelatihan dilaksanakan di masing-masing BLK. Mereka ikuti dengan baik seluruh pelatihan-pelatihan yang semuanya berbasis kemampuan teknis dan vokasi. Sehingga kita harapkan kedepan mereka bisa terserap pada pasar kerja. Paling tidak menjadi wirausaha mandiri, karena telah memiliki bekal kemampuan dan keterampilan,” jelasnya.

Pelatihan tersebut meliputi pelatihan elektronik, tata rias kecantikan, kemampuan las, kelistrikan, menjahit, komputer, dan lainnya. “Untuk lama waktu pelatihannya tergantung jenis keterampilan. Ada satu bulan, dua bulan, dan tiga bulan,” paparnya.

Kemudian setelah melakukan pelatihan pihaknya akan memantau dan memonitor para peserta yang sudah dilatih. Pihaknya ingin melihat sejauh mana mereka dapat terserap di dunia kerja Dan pihaknya pun akan mengefektifkan bursa tenaga kerja.

“Ya kita monitor. Nanti perusahaan-perusahaan yang membutuhkan akan sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki oleh mereka yang telah kami latih tentu akan kita dorong dan distribusikan pada lapangan kerja dan pasar kerja yang membutuhkan,” tutupnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: