Diskes Tanggamus Kembali Memesan 100 APD

Diskes Tanggamus Kembali Memesan 100 APD

Medialampung.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus masih menantikan kiriman Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 maupun pasien terduga Covid-19.

Menurut Sekretaris Diskes Tanggamus, Taman Prasi, pihaknya sudah memesan 100 APD lengkap yang terdiri dari terdiri baju pelindung, kacamata, helm, masker, sarung tangan dan sepatu khusus. 

"Kita sudah memesan kepada pihak penyedia dan saat ini barang yang kita pesan belum tersedia, pihak penyedia sudah mengkonfirmasi bahwa barang belum tersedia," ujar Taman Prasi mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, Senin (6/4).

Dijelaskan Taman bahwa ke 100 APD yang dipesan tersebut menggunakan dana tanggap darurat bencana yang tercover dalam APBD tahun 2020.

"Ini pengadaan yang kedua, sebelumnya Maret lalu kita pengadaan 110 APD yang dibagikan ke Puskesmas, RSUD Batin Mangunang dan Diskes," terangnya. 

Kemudian, saat disinggung mengenai akan dibagikan kemana nantinya ADP tersebut, mengingat puskesmas saja saat ini jumlah APD masih terbatas, Taman belum dapat merinci.

"Untuk Puskesmas dan RS, pembagiannya, nanti melihat situasi dan kebutuhan," ucapnya. 

Sementara, pihak RSUD Batin Mangunang Kotaagung ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa APD untuk tenaga medis saat ini masih mencukupi. Menurut Kabag Tata Usaha RSUD Batin Mangunang, Budi M. Ghozali.

"Berdasarkan informasi dari bagian logistik penanganan Covid-19 RSUD Batin Mangunang, insya Allah mencukupi untuk satu bulan kedepan. Untuk baju hazmat kita punya 50 unit," ujar Budi mewakili Dirut RSUD Batin juga dr. Diyan Ekawati 

Dilanjutkan Budi, bahwa untuk APD lengkap hanya digunakan bagi petugas di ruang Isolasi yang khusus menangani pasien Positif Covid-19 maupun terduga Covid-19.

Sementara untuk ruangan lain seperti bagian screening mengenakan masker, handscoon, gaun medis sekali pakai,  google, tutup kepala dan tutup sepatu. 

"Petugas di bagian kasir dan resepsionis mengenakan masker dan handscoon. Untuk keperluan APD bagi tenaga medis RS insya Allah cukup untuk satu bulan kedepan," pungkas Budi. (ehl/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: