Disdukcapil Tanggamus Gulirkan 11 Inovasi Pelayanan 

Disdukcapil Tanggamus Gulirkan 11 Inovasi Pelayanan 

Medialampung.co.id - Pemkab Tanggamus melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) menggulirkan 11 Program inovasi. Guna terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus, Maradona ketika dikonfirmasi pada Selasa (18/1) mengatakan, ke 11 inovasi pelayanan administrasi kependudukan itu meliputi. 

Pelayanan Bunda Dewi (Buat Dokumen Adminduk dengan WA dan Internet) layanan online. Dimana masyarakat cukup mengirimkan persyaratan pembuatan dokumen Adminduk melalui WA ke nomor pelayanan online 08117112137 hasil pelayanan berupa KK, akte dikirim ke nomor HP masyarakat dengan format PDF, masyarakat dapat mencetak secara mandiri dokumen tersebut dengan menggunakan kertas A4 80gr, untuk KTP dan KIA dapat diambil di UPT Capil Kecamatan tempat Masyarakat sesuai domisili, terangnya. 

Selanjutnya Pelayanan Kolektif (Pelakol) pelayanan penerbitan dokumen Adminduk yang dilakukan bekerjasama dengan Pekon. Pelayanan ini khusus untuk Pekon dengan kriteria sulit jangkau, sarana dan prasarana transportasi sulit dan tidak ada sinyal handphone.

Pelayanan online kolektif (OnKol) adalah pelayanan melalui kerjasama dengan Pekon dan pelayanan dilakukan dengan cara mengirimkan berkas online secara kolektif dengan nomor WA yang telah ditetapkan oleh kepala Pekon, pengambilan bisa diambil di UPT kecamatan, untuk yang di kecamatan Kelumbayan, Kelumbayan Barat dan 4 Pekon di Pulau Tabuan serta 8 Pekon di Pematang Sawa kami kirim melalui pos, ujarnya. 

Pelayanan berita Asik (Pemberian akta kelahiran melalui fasilitas kesehatan). Pelayanan Pak Kamling (Pelayanan Administrasi Kependudukan Perekaman Keliling) yakni pelayanan Disdukcapil melalui jemput bola ke Pekon Pekon. 

Pelayanan Pak Sekda (pelayanan akta kelahiran ke sekolah dasar). Pelayanan Pak Sekda PAUD pelayanan yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan bunda PAUD kecamatan. 

Pelayanan home service yaitu pelayanan yang dilakukan khusus untuk mereka yang memiliki kekurangan seperti disabilitas, lansia, dan ODGJ.

Pelayanan pasca bencana (Pasben) yakni pelayanan penggantian Adminduk bagi warga Tanggamus yang kehilangan Adminduk. Pelayanan Bunda Harum (Buat Dokumen Adminduk dengan WA dan Internet hantar di rumah) pelayanan yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan PT Pos Indonesia.

Terakhir Paket layanan lintas agama Tanggamus (Pak Yan Ligat) pelayanan bekerjasama dengan pemuka agama, dalam pelaksanaannya pemuka agama mengajukan permohonan jemaatnya melalui WA dan dokumen yang sudah jadi diserahkan kepada pemuka agama, pungkas Maradona. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: