Disdikbud Pesbar Gelar Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas

Disdikbud Pesbar Gelar Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas

Medialampung.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan lingkungan belajar berkualitas di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) tahun 2021 di aula Lamban Apung, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (27/9).

Hadir dalam kesempatan itu, Plt. Kepala Disdikbud Pesbar, Sudibyo, S.E., Kepala BP PAUD Provinsi Lampung, Dr. Ulfa Maria, M.Pd., sekaligus sebagai narasumber. Selain itu, hadir juga Kabid Dikdas, PAUD, dan PNFI Disdikbud Pesbar, Erik Putra AR, S.Pd, serta 21 orang perwakilan kepala PAUD se-Kabupaten setempat.

Plt.Kepala Disdikbud Pesbar, Sudibyo, dalam kesempatan itu mengatakan dalam rangka melaksanakan kegiatan lingkungan belajar berkualitas adalah bagian penting sebagai penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran lingkungan belajar yang berkualitas, sehingga dapat mendorong hadirnya pembelajaran yang bermakna bagi perkembangan anak usia dini.

“Tapi kondisi yang terjadi dilapangan, belum semua satuan PAUD punya kemampuan menyelenggarakan lingkungan belajar yang berkualitas,” ungkapnya.

Dicontohkannya, belum mengintegrasikan prinsip bermain ke dalam kegiatan pembelajaran, belum memahami implementasi kurikulum dengan benar yang dapat mendukung layanan PAUD berkualitas. Berdasarkan kondisi itulah, maka Direktorat PAUD bersama Disdikbud Pesbar melaksanakan Bimtek lingkungan belajar berkualitas pada PKG.

“Kita berharap dengan dilaksanakan bimtek ini seluruh satuan PAUD di Kabupaten Pesbar dapat memperoleh informasi terutama mengenai lingkungan belajar berkualitas itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Dikdas, PAUD, dan PNFI pada Disdikbud Pesbar Erik Putra AR, mengaku bimtek PAUD pada PKG di Kabupaten Pesbar itu sebagai salah satu upaya dalam peningkatan mutu pendidikan sejak dini. Sehingga seluruh peserta bimtek diharapkan benar-benar memahami seluruh materi dari narasumber. Terlebih kegiatan bimtek itu akan berlangsung selama dua hari yakni Senin hingga Selasa (27-28/9).

“Kita berharap para peserta bimtek ini bisa menyampaikan hasil dari bimtek  kepada kepala PAUD lainnya. Dalam waktu dekat kita juga akan kembali melaksanakan bimtek lanjutan  bagi PAUD di Pesbar ini,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: