Disdikbud Lambar Gencar Sosialisasikan Program Beasiswa Kesenian

Disdikbud Lambar Gencar Sosialisasikan Program Beasiswa Kesenian

Medialampung.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lambar gencar turun ke Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna mensosialisasikan program unggulan Pemkab Lambar, seperti halnya program beasiswa kesenian dan program beasiswa kedokteran.

“Sejauh ini kita sudah melaksanakan sosialisasi program beasiswa kesenian di sembilan sekolah di Kabupaten Lambar dan hari ini kita mengadakan sosialisasi di SMAN 1 Liwa,” ungkap Kabid Kebudayaan Riyadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M, Jumat (4/2)

Dijelaskannya, adapun sembilan sekolah yang telah dikunjungi pihaknya untuk melaksanakan sosialisasi yaitu SMAN 1 Sumber Jaya, SMAN 1 Way Tenong, MA Nurul Iman Sekincau, SMAN 1 Bandarnegeri Suoh, SMK Bakti Mulya Bandarnegeri Suoh, SMAN 1 Kebun Tebu, SMKN 1 Kebun Tebu, SMAN 1 Liwa dan SMAN 2 Liwa. 

“Untuk saat ini baru sembilan sekolah dan rencananya minggu depan kita akan mengadakan sosialisasi di Kecamatan Lumbokseminung dan Sukau. Sementara untuk sekolah yang lain kami juga berkoordinasi dengan Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung untuk membantu mensosialisasikannya,” kata dia seraya menambahkan, di Kabupaten Lambar terdapat SMK negeri enam sekolah, SMK swasta tiga sekolah, SMA negeri 15 sekolah, serta SMAN swasta tiga sekolah.

Menurut Riyadi, program beasiswa kesenian telah digulirkan pemerintah daerah sejak tahun 2020 dan pada tahun tersebut terdapat enam orang yang mendapatkan beasiswa, kemudian tahun 2021 dari kuota 10 orang terisi hanya enam orang. Sedangkan untuk tahun ini kuota yang disiapkan sebanyak 10 orang. 

“Jadi sudah ada 12 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah. Kita berharap tahun ini dari kuota yang disiapkan 10 orang dapat terisi seluruhnya,” harapnya.

Dikatakannya, program beasiswa seni dan budaya merupakan bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan serta pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan. Tujuannya membantu masyarakat mewujudkan impian untuk bisa berkuliah.

”Program ini juga merupakan upaya pemerintah daerah agar seni budaya yang ada di daerah terus berkembang. Tentunya bisa terus dilestarikan,” harapnya.

Adapun syarat penerima beasiswa kesenian yaitu siswa lulusan SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Lambar, lulus mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Lalu, direkomendasikan dari pihak sekolah, serta sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan Sehat). (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: