Dirjen Bimas Hindu Minta ASN Miliki Perspektif Sama Pada Program Prioritas Menag

Dirjen Bimas Hindu Minta ASN Miliki Perspektif Sama Pada Program Prioritas Menag

Medialampung.co.id – Direktorat jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Dr. Tri Handoko Seto, S.Si, M.Sc berkunjung ke Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat, Senin (29/11).

Bertepatan dengan Peringatan hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Tri Handoko berkesempatan memimpin upacara yang digelar di Kantor Kemenag Lambar, dan dilanjutkan dengan memberikan pembinaan kepada umat Hindu di Pekon Trimekar Jaya, kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS).

Dalam amanatnya, Tri Handoko menyampaikan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh dan jajaran ASN di Kantor kemenag Lambar. Selanjutnya ia berpesan kepada seluruh ASN di kemenag baik di tingkat pusat maupun daerah agar memiliki perspektif yang setara dalam memahami dan menerjemahkan program prioritas Menteri Agama. 

“Program Prioritas yang pertama misalnya, Penguatan Moderasi Beragama. Ini harus dipahami bahwa dalam hal melaksanakan ajaran agama, masing-masing pemeluk agama harus total. Tetapi dalam hal kebangsaan, kita harus memperlihatkan nilai-nilai ajaran keagamaan yang moderat sehingga sendi-sendi NKRI tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, ia menyebut bahwa seiring dengan peringatan HUT Korpri yang 50 ini, setiap ASN perlu mereview kembali posisi dan angan-angan awal mengapa kita memilih atau ditempatkan sebagai seorang ASN. 

“Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita seluruh ASN Kementerian Agama. Pertama, tidak semua orang dapat dan mampu menduduki posisi seperti kita. Kedua, ini kesempatan untuk kita semua memberikan yang terbaik kepada negara dan masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan yang kita berikan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati agar tidak melukai orang lain sekaligus tidak bertentangan dengan berbagai peraturan dan kebijakan yang ada,” jelasnya.

Kemudian, ketiga, ialah harus menjadi sekrup yang kuat agar perahu Kementerian Agama mampu berlayar dan mengarungi lautan Indonesia dengan lancar dan menepi dengan aman dan selamat.

“Untuk para Aparatur Sipil Negara baik itu Pegawai administrasi, Guru Agama, khususnya Penyuluh Agama Hindu. Bapak-Ibu merupakan tenaga yang ada di lapangan, sebagai ujung tombak pertama dalam penyampaian informasi dari Pemerintah kepada masyarakat. sehingga harus mampu memberikan pembinaan kepada masyarakat. Karena itu tenaga penyuluh harus makin mengasah kemampuan melalui pelatihan secara mandiri atau melalui media sosial,” pesannya. 

Terpisah, Kepala Kankemenag Lambar Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I, menyambut hangat kedatangan Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI beserta rombongan. Ia menyebut, kedatangan Dirjen Bimas Hindu tersebut menjadi motivasi untuk membangkitkan semangat jajaran ASN di Kankemenag Lambar serta menjadi spirit bagi para penyuluh agama hindu bumi beguai jejama sai betik ini. 

“Kemenag pada prinsipnya terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengayomi umat lintas agama, agar umat merasa bahwa pemerintah ada di tengah-tengah mereka,” pungkasnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: