Dinsos Lambar Programkan Pendampingan Operasi Katarak

Dinsos Lambar Programkan Pendampingan Operasi Katarak

Medialampung.co.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lambar tahun ini kembali memprogramkan pendampingan bagi warga yang akan melakukan operasi katarak. 

“Untuk pendampingan bagi warga yang akan melakukan operasi katarak,  tahun ini kita menyiapkan kuota sebanyak 15 orang. Jumlah itu sama dengan tahun lalu,” kata  Kabid  Perlindungan dan Jaminan Sosial Ferri Istanto mendampingi Kepala Dinas Sosial Edi Yusuf, Jumat (8/1).

Menurut Ferri, pendampingan yang dimaksud, mulai dari mengantarkan, menyiapkan tempat menginap, makan hingga pulang ke rumah. Tujuan pendampingan ini dalam rangka membantu masyarakat yang terkena katarak. 

Kata dia, untuk pendampingan biasanya dilakukan tiga kali mengantar yaitu mengantar pasien melakukan cek fisik, kemudian operasi dan cek kembali setelah operasi.

“Selain kita melakukan pendampingan terhadap pasien katarak, satu orang pendamping pasien juga kita bantu,” imbuhnya.

Masih kata dia, dengan adanya pendampingan terhadap warga yang terkena katarak ini, diharapkan dapat membantu warga tersebut serta memberikan semangat kepada warga yang melakukan operasi katarak.

“Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap warga yang terkena katarak,” imbuhnya seraya menambahkan, kegiatan pendampingan bagi warga yang akan melakukan operasi katarak ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lambar tahun 2021. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: