Adi Erlansyah: Tapis Pringsewu Harus Punya Ciri Khas Sendiri

Adi Erlansyah: Tapis Pringsewu Harus Punya Ciri Khas Sendiri

--

Medialampung.co.id - Produk UMKM di Pringsewu, khususnya yang menekuni kerajinan Tapis diharapkan untuk menampilkan ciri khas kabupaten tersebut. 

"Semua daerah di Lampung juga membuat tapis," kata Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah didampingi Ketua TP-PKK Pringsewu Rusdiana Erlansyah serta Ketua DWP Sri Prihatin Iswahyudi saat menghadiri Gerakan Masyarakat Berkah Jumat Pagi (Gema Berjumpa) pada Jumat (10/6).

Tak hanya mengajak, Adi juga akan membantu cara mendesain yang dapat dijadikan sebagai ciri khas Pringsewu serta diterima oleh masyarakat. 

"Kalau bisa kita jangan hanya terpaku di Pringsewu, tetapi juga ke Bandar Lampung, misalnya jika ada event di Bandar Lampung, nanti bisa dibantu mencarikan tempat untuk mempromosikan produk UMKM Pringsewu,” kata Adi.

Lanjutnya, Pringsewu telah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai salah satu sentra tapis di Provinsi Lampung. 

"Ada tiga daerah di Lampung yang ditunjuk oleh Gubernur Lampung sebagai sentra tapis, yakni Pesisir Barat, Tanggamus dan Pringsewu. Hal ini tentunya merupakan peluang bagi Kabupaten Pringsewu," ujarnya.

Adi Erlansyah juga mengapresiasi serta mendukung penuh kegiatan Gema Berjumpa sebagai salah satu upaya menggeliatkan perekonomian masyarakat Pringsewu. 

Dimana sebagai tahap awal diikuti 50 pedagang pelaku UMKM, dari sebelumnya sekitar 200 anggota yang terdaftar.

Bahkan, menurut Adi, sudah mulai terlihat beberapa UMKM yang sebetulnya berpotensi untuk dikembangkan baik untuk skala lokal maupun provinsi dan nasional.

"Kita akan data, apalagi sudah ada paguyubannya. Dan, nanti akan langsung dirapatkan dengan OPD terkait dan Dekranasda untuk membahas langkah-langkah kedepan. 

Karena tugas pemerintah adalah memfasilitasi, bagaimana menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi masyarakat," katanya.

Menurut Kadis Koperindag Kabupaten Pringsewu Malian Ayub mengatakan tujuan dari kegiatan Gema Berjumpa adalah untuk menggerakkan UMKM di Kabupaten Pringsewu agar bisa menambah geliat ekonomi masyarakat.(sag/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: