Dawam Rahardjo Lepas 297 CJH Lamtim

Dawam Rahardjo Lepas 297 CJH Lamtim

--

Medialampung.co.id - Pergi haji ke Baitullah Makkah Al-Mukarrahmah dibutuhkan pengorbanan ganda dan harus memenuhi syarat istitha’ah (mampu segala-galanya).

Antara lain, mampu membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), mampu melaksanakan rukun 

dan wajib haji, serta mampu membiayai keluarga yang ditinggalkan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo saat melepas keberangkatan 297 calon jemaah haji (CJH) di Islamic Centre Sukadana, Jumat (10/6) pukul 05.30 WIB.

Menurutnya, selain harus memenuhi syarat istitha'ah. Para CJH asal Lamtim juga diharapkan mampu mengendalikan diri dan sabar menghadapi berbagai macam cobaan. Baik di dalam perjalanan menuju tanah Suci Makkah, maupun selama dalam pemondokan atau maktab.

Sebab, ibadah Haji diikuti oleh jutaan orang, dalam waktu dan di tempat yang sama, dengan jama’ah dari berbagai penjuru dunia yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda.

"Selamat menunaikan rukun islam yang ke lima semoga menjadi haji yang mabrur. Jaga kesehatan, agar tetap bugar karena cuaca di Arab Saudi cepat berubah,"pesan M.Dawam didampingi, Wakil Bupati Azwar Hadi, Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Lamtim Indrajaya dan para kepala organisasi perangkat daerah.

Kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Timur, Indrajaya menjelaskan CJH yang diberangkatkan sebanyak 297 orang dan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13. Itu terdiri dari 129 laki-laki dan 168 perempuan. Kemudian, 1 petugas haji dan 4 petugas kloter. Sehingga, totalnya menjadi 302. 

Dari 297CJH tersebut, yang termuda Shela Sandra Kirana berasal dari Desa Sukoharjo berusia 18 tahun 11 bulan dan tertua Masrikah Masir Toiran berusia 64 tahun 11 bulan berasal dari Desa Sumur Bandung Kecamatan Way Jepara. 

 

Ditambahkan, CJH asal Lampung Timur harus tiba di Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung pukul 08.00 WIB. Sebelum terbang ke Madinah, CJH berangkat dari Bandara Radin Inten II sekitar pukul 00.40 WIB menuju Bandara Soekarno Hatta dan dilanjutkan ke Madinah, Sabtu (11/6) pukul 07.40 WIB. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: