Dinsos Lambar Bantu Seorang Tunawisma yang Hidup Sebatang Kara

Dinsos Lambar Bantu Seorang Tunawisma yang Hidup Sebatang Kara

Medialampung.co.id - Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat bersama Taruna Tanggap Bencana (tagana) menyalurkan sejumlah bantuan logistik untuk membantu suparji seorang tunawisma yang sudah lanjut usia (lansia) dan hidup sebatang kara di Pekon Sedampahindah, Kecamatan Balikbukit, Selasa (21/9).

Kabid Rehabilitasi Sosial Pathan, S.E, M.M, mewakili Kadinsos Jaimin, S.I.P, mengatakan, penyerahan bantuan berupa bahan makanan seperti beras, telur, mie instan dan dukungan logistik seperti selimut dan terpal tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk memberikan kenyamanan bagi Sukarji.

“Bantuan ini sifatnya sementara, untuk selanjutnya kami sudah meminta kepada pihak pekon agar segera membantu mengurus kelengkapan administrasi kependudukannya, supaya bisa masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS),” kata Pathan.

Dia menuturkan, selama ini lansia yang hidup sebatang kara itu selalu berpindah tempat tempat tinggal, sebelumnya ia pernah tinggal di Pekon Padangcahya, kemudian berpindah ke daerah pedalaman di pemangku Waybalak Pekon Sedampahindah.

“Di Pekon Sedampahindah dia sudah tinggal selama sekitar lima bulan, dan menurut pengakuannya dia masih memiliki istri yang tinggal di Kotabumi, tapi dia tidak ada kontaknya,” jelasnya.

Selama hidup sebatang kara dan berpindah-pindah tempat, Sukarji memenuhi kebutuhannya sehari-hari dengan bekerja serabutan mulai dari upahan mencangkul hingga mengurus kebun warga.

“Untuk tindaklanjut dari dinsos, kita prioritaskan dulu administrasi kependudukannya, selanjutnya jika sudah masuk dalam DTKS maka kita upayakan semaksimal mungkin agar pak sukarji mendapat akses bantuan sosial, baik itu PKH, BPNT atau program jejaring sosial lainnya,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: