Cegah Penyebaran PMK, Arinal Batasi Sementara Hilir Mudik Hewan Ternak dari Luar Daerah 

Cegah Penyebaran PMK, Arinal Batasi Sementara Hilir Mudik Hewan Ternak dari Luar Daerah 

--

Medialampung.co.id - Terkait dengan telah di temukan hewan ternak sapi di Kabupaten Tulangbawang Barat dan Mesuji positif terkonfirmasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengaku sudah memerintahkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung untuk turun ke kabupaten melihat situasi dan melakukan upaya-upaya pengendalian. 

"Saya sudah perintah Kepala Dinas Peternakan untuk bekerja di Kabupaten melihat situasi dan melakukan upaya-upaya pengendalian," Kata Gubernur Arinal Djunaidi saat dimintai keterangan usai membuka rapat koordinasi sektor pendapatan di lingkungan Pemprov Lampung di Hotel Swissbell, Selasa, (17/5).

Lanjutnya, untuk jual beli ternak menjadi perhatian dan pengawasan ketat. Karena salah satu penularan PMK terjadi ketika membeli atau menjual hewan dari luar daerah sudah positif PMK atau kendaraan yang dipakai membawa hewan terkonfirmasi PMK tersebut. 

"Jadi untuk mencegah penularan tersebut saya akan batasi hilir mudik nya hewan ternak dari luar daerah agar kita tetap terjaga," Jelasnya. 

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung  Lili Marwati mengatakan saat di Pemprov Lampung sedang menunggu vaksin dari Kementan dan Direktorat Jenderal PKH untuk Sapi yang sehat. 

"Jadi Sapi yang sehat akan di Vaksin, kemudian untuk yang sakit kita berikan vitamin dan antibiotik serta pemeliharaan pakan yang baik," Katanya. 

Ia mengatakan sapi terkonfirmasi PMK di dua tersebut milik Peternak dan saat ini masih dilakukan tracing. 

"Untuk mengetahui asal PMK tersebut masih kita tracing dan kita selidiki. Karena memang PMK ini bisa menyebar melalui udara dan lain-lain,"

Kita juga sudah koordinasikan ke kabupaten/kota untuk membentuk unit reaksi cepat jadi semua petugas kita berikan edukasi untuk terus memantau kondisi hewan ternak yang ada di kabupaten/kota

Ia juga memastikan untuk kesedian hewan quran menyambut hari raya Idul Adha nanti Stok Lampung aman. 

“Alhamdulillah Stok kita aman khusus yang ada di Lampung," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: