TPU di Muara Tembulih Terancam Habis Akibat Abrasi

TPU di Muara Tembulih Terancam Habis Akibat Abrasi

--

Medialampung.co.id - Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Pekon Muara Tembulih Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) terancam habis akibat abrasi pantai. 

Bahkan, sejak beberapa hari terakhir kondisi abrasi kembali menggerus area pemakaman umum di wilayah itu.

Wakil Ketua I DPRD Pesbar, Piddinuri, mengatakan, kondisi pemakaman umum di Pekon Muara Tembulih itu cukup mengkhawatirkan, bahkan menurut keterangan masyarakat sudah banyak makam yang tergerus habis akibat abrasi pantai, karena pemakaman itu berada dekat dengan pinggir pantai.

“Kita hari ini sudah melakukan pengecekan ke lokasi makam yang tergerus abrasi pantai itu, memang kondisinya sangat terancam dan mendesak untuk dilakukan penanganan,” katanya, Kamis (9/6).

Dijelaskannya, berdasarkan keterangan dari masyarakat setempat bahwa lokasi lahan di pemakaman umum itu sudah hilang sekitar 10 meter dari bibir pantai sepanjang kurang lebih 50 meter. 

Sejak beberapa hari terakhir kondisi makam warga itu juga sudah banyak yang kembali tergerus, karena itu warga setempat pun langsung memindahkan makam-makam yang terancam hanyut karena tergerus abrasi pantai.

“Kondisi abrasi pantai yang menggerus tempat pemakaman umum di wilayah ini sudah cukup lama. Karena itu penanganannya sangat mendesak,” jelasnya.

Masih kata dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemkab Pesbar agar kondisi abrasi yang mengancam pemakaman warga itu bisa segera ditangani. 

Setidaknya bisa dibangun talud melalui APBD Perubahan tahun 2022, ataupun melalui anggaran murni di tahun 2023 mendatang.

Sementara ini setidaknya ada penanganan dari Pemkab Pesbar untuk pencegahan agar lokasi lahan pemakaman umum itu tidak habis tergerus abrasi.

 

“Kita tetap akan berupaya mengusulkan pembangunan talud penahan abrasi pantai di sepanjang lokasi pemakaman umum warga di Pekon Muara Tembulih itu,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: