Dewan Minta Pemkab Siapkan Skema Bantuan

Dewan Minta Pemkab Siapkan Skema Bantuan

Medialampung.co.id -  Anggota Legislatif (Aleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung Barat Nopiyadi, S.I.P meminta pemerintah daerah menyiapkan skema bantuan sembako minimal untuk sekitar 34 ribu kepala keluarga (KK) atau sekitar 122 ribu  jiwa yang termasuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk antisipasi kemungkinan terburuk menghadapi wabah penyebaran virus Corona (Covid-19) ini. 

"Jangan sampai nanti ada puluhan ribu masyarakat yang tidak bisa makan disebabkan dampak dari pandemi  Corona tersebut, karena itu saya meminta skema jaring pengaman sosial daerah harus disiapkan secara matang," ujar Nopiyadi, Sabtu (4/4)

Menurut dia, pemerintah daerah harus punya stok bahan makan siap saji dan bahan makanan sembako,  penyediaan pangan selain prioritas untuk khusus bayi, ibu hamil, lansia juga diberikan kepada MBR. 

"Tentunya Pemda juga mesti menyisir kembali warga sangat merasakan dampaknya secara ekonomi, misalnya PKL, warung kopi, warung makan, pedagang di pasar tradisional, tukang ojek, sopir, buruh harian dan lainnya, selain itu mereka juga sangat rentan tertular," tegasnya

Nopiyadi yang juga Sekretaris Umum DPC PKS Lampung Barat berharap agar terukur kinerja kita dalam pencegahan Covid-19 maka diperlukan beberapa langkah yaitu pertama petakan masyarakat Lampung Barat secara menyeluruh mana yang terdampak mana yang tidak. Kedua, perkuat dan perketat pintu masuk Lampung Barat dan ketika ditemukan orang yang diharuskan pemeriksaan lanjutan mereka menolak ambil tindakan tegas melibatkan kepolisian.

Kemudian, ketiga, setiap masyarakat pulang kampung atau berkunjung wajib lapor di posko atau pemerintah pekon.  "Semua itu diharapkan dituangkan dalam surat edaran (SE) bupati sehingga skenario sterilisasi wilayah yang diinginkan bupati nampak hasilnya," pungkasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: