Desember, Sekolah Kopi Dibuka 

Desember, Sekolah Kopi Dibuka 

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar rencananya pada Desember mendatang akan melaunching sekaligus membuka sekolah kopi yang dipusatkan di Pekon Sukajaya Kecamatan Sumberjaya.

“Rencananya untuk tahap awal ini kita akan membuka untuk dua kelas Green Grading dan Cupping,” kata Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P, mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si di Ruang Kerjanya, Rabu (9/9).

Kata dia, sejumlah fasilitas yang sudah ada di sekolah kopi tersebut, antara lain bangunan sarana meubelair, alat proyektor, peralatan seduh kopi walaupun belum lengkap 100 persen, dan talud.

“Untuk jalan sedang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR),” kata dia.

Sumarlin mengungkapkan, manfaat pembangunan sekolah kopi, selain sebagai upaya peningkatan pengetahuan petani kopi, juga sebagai upaya untuk menggerakan pariwisata perkebunan kopi, serta pusat informasi kopi robusta Lambar.

“Jadi sekolah kopi ini bukan hanya tempat pelatihan bagi petani dan remaja, akan tetapi banyak yang diharapkan dengan adanya keberadaan sekolah kopi. Artinya memiliki banyak manfaat baik dari segi perekonomian maupun kesejahteraan petani,” kata dia.

Masih kata dia, keberadaan sekolah kopi bukan hanya semata-mata hanya sebagai tempat pelatihan petani dan masyarakat saja akan tetapi sebagai etalase kopi robusta di Kabupaten Lambar, terlebih Kabupaten Lambar merupakan daerah penghasil kopi robusta terbesar di Provinsi Lampung.

“Dengan adanya sekolah kopi ini diharapkan nantinya menjadi pusat penelitian, pelatihan, dan edukasi komoditas kopi dan juga diharapkan menjadi sarana promosi kopi dan turunannya, serta mengembangkan potensi pariwisata guna mewujudkan kesejahteraan petani dan penggiat kopi di Kabupaten Lambar,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: