DD Tahun 2021 Terserap 100 Persen

DD Tahun 2021 Terserap 100 Persen

Medialampung.co.id – Dana desa (DD) tahap III sebesar 20 persen di Kabupaten Lambar telah terserap 100 persen oleh 131 pekon.

“Awalnya 102 pekon yang telah mencairkan dana desa tahap III sebesar 20 persen namun kembali bertambah 29 pekon yang dananya telah cair sehingga untuk dana desa tahun ini telah terserap 100 persen,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si.

Menurut dia, tahun 2022 mendatang, Kabupaten Lambar akan menerima DD sebesar Rp117 miliar lebih yang akan dialokasikan untuk 131 pekon di Kabupaten Lambar. 

“Jumlah dana desa yang akan diterima Kabupaten Lambar tahun 2022 mendatang berkurang dibanding tahun ini, dimana untuk tahun 2021 kabupaten ini menerima kucuran DD sebesar Rp126 miliar lebih sedangkan tahun 2022 mendatang hanya sebesar Rp117 miliar lebih, itu artinya ada penurunan anggaran sekitar Rp8 miliar,” kata dia.

Lanjut dia, berapa jumlah anggaran yang akan diterima setiap pekon untuk sementara ini masih belum ditentukan, namun akan disesuaikan dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Sementara Kabid Pemerintahan Pekon Ruspel Gultom, S.H, M.M., mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Ir. Noviardi Kuswan mengatakan, pihaknya telah merekomendasikan 131 pekon kepada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) untuk dilakukan pencairan. 

“Untuk tahun depan anggaran DD diprioritaskan untuk bantuan langsung tunai (BLT), padat karya dan penanganan Covid-19. Untuk pembagian per pekon belum kita tetapkan karena masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: