DAU Lambar Terealisasi Rp259 Miliar

DAU Lambar Terealisasi Rp259 Miliar

Medialampung.co.id – Dana alokasi umum (DAU)  yang akan diterima Kabupaten Lambar tahun ini berkurang sebesar Rp57 miliar dari pagu awal sebesar Rp557,66 miliar lebih. 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah mengungkapkan, pengurangan DAU sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan No.119/2813/SJ dan No.177/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2020 dalam rangka penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional serta Peraturan Menteri Keuangan No.35/2020. 

“Jadi pasca adanya penyesuaian anggaran, DAU yang akan diterima Kabupaten Lambar hanya Rp500 miliar lebih dan hingga akhir Mei 2020 telah terealisasi sebesar 46,61 persen atau Rp259 miliar lebih,” tegas Daman, Senin (8/6).

Dipaparkannya,  DAU adalah dana yang berasal dari APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan daerah untuk membiayai kebutuhan pengeluarannya dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

DAU terdiri dari DAU formula akan digunakan untuk membayar gaji aparatur sipil negara (ASN) serta pembiayaan lainnya termasuk program dan kegiatan yang ada di OPD serta DAU tambahan untuk bantuan pendanaan kelurahan, untuk bantuan pendanaan penggajian pegawai pemerintah perjanjian kerja(PPPK), serta bantuan pendanaan penyetaraan penghasilan tetap (SILTAP)) kepala desa dan perangkat desa.

“Nah DAU yang dikurangi sebesar Rp57 miliar itu adalah DAU formula, semoga saja tidak ada lagi pengurangan anggaran dari pemerintah pusat,” harapnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: