Cuaca Ekstrim, Longsor dan Banjir Mengintai Lambar

Cuaca Ekstrim, Longsor dan Banjir Mengintai Lambar

Medialampung.co.id - Cuaca ekstrime kini tengah mengancam wilayah Lampung Barat, hujan disertai angin kencang kerap melanda. Karenanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar mengimbau masyarakat setempat untuk tetap waspada, terlebih periode Desember 2021 dan Januari 2022 intensitas curah hujan diperkirakan cukup tinggi.

Kepala BPBD Lambar Maidar, SH, M.Si., mengungkapkan, berdasarkan buletin cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, intensitas hujan diperkirakan kecepatannya hingga 350 sampai 450 mililiter.

Dengan tingginya curah hujan tersebut maka dikhawatirkan menyebabkan bencana alam, seperti longsor, banjir dan juga pohon tumbang sebagaimana yang sering terjadi.

”Dengan adanya warning dari BMKG tersebut, maka kami mengimbau masyarakat memperhatikan lingkungan sekitar salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membersihkan saluran-saluran yang ada agar tidak terjadi banjir apabila terjadi hujan deras, sebagai upaya mengantisipasi banjir,” ungkap Maidar, Kamis (9/12).

Terusnya, untuk pengguna jalan juga harus waspada, mengingat saat curah hujan tinggi sering mengakibatkan bencana alam utamanya longsor dan juga berpotensi menyebabkan pohon tumbang yang tentunya akan sangat membahayakan.

”Untuk pengguna jalan, kami imbau memperhatikan kondisi cuaca, jika hujan deras disertai angin akan lebih baik untuk menepi terlebih dahulu sambil menunggu cuaca benar-benar aman dan bisa kembali meneruskan perjalanan,” kata dia.

Maidar menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Penanggulangan Bencana (PB) Pekon yang telah lama terbentuk. Tim pekon nantinya akan melaporkan kondisi di masing-masing wilayah, sehingga apabila ada potensi atau bencana bisa segera ditangani. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: