Cegah Virus Corona, Dinkes Pesawaran Awasi ODP

Cegah Virus Corona, Dinkes Pesawaran Awasi ODP

Medialampung.co.id - Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) agar tidak masuk ke wilayah Pesawaran, Dinas Kesehatan setempat secara ketat melakukan pengawasan kepada warga yang dikatagorikan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Aila Karyus menjelaskan semua orang yang datang dari negara terjangkit baik dari jalur udara maupun laut, Kantor Kesehatan Pelabuhan sudah memberikan kartu Health Alert Card (HAC) dengan dilengkapi alamat dan nomor hp mereka.

"Kita melakukan surveilans dan pemantauan terhadap kesehatan mereka yang dikatagorikan Orang Dalam Pemantaun (ODP).Selama masa inkubasi sekitar 2 minggu, kita pantau mereka. Selama ini sudah kita pantau dan alhamdulilah sehat semua, tidak ada yang sakit batuk maupun pilek, yang mengindikasikan terserang Corona," ungkap Aila mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Rabu (4/3).

Menurut Aila hingga saat ini sekitar 90 warga Pesawaran masuk dalam katagori Orang Dalam Pemantauan. Pasalnya sejumlah warga Pesawaran memiliki kemungkinan bepergian keluar negeri baik untuk kepentingan wisata, pekerjaan dan ibadah

"Melalui petugas puskemas kita lakukan pantauan. Dari sekitar 90 warga yang masuk dalam pemantauan sudah 50 warga sudah clear," ucapnya.

Sekitar 50 warga yang dinyatkan clear lantaran sudah melewati masa inkubasi 14 hari. Sedangkan sisanya saat ini masih dipantau petugas medis dari UPT Puskesmas.

"Seperti warga yang pulang dari umroh kan satu pesawat. Selama ini belum ada laporan, kita juga sudah membuat edaran mengenai kewaspadaan virus ini karena saat ini masuk status siaga," pungkasnya. (ozi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: