Bupati Tanggamus Hadiri Panen Perdana Padi Organik

Bupati Tanggamus Hadiri Panen Perdana Padi Organik

Medialampung.co.id - Bupati Tanggamus, Dewi Handajani hadiri Panen Perdana Padi Organik di lahan percontohan milik Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Talang Padang, Senin (8/11). 

Selanjutnya bupati juga menghadiri pemberian hadiah, piala dan Piagam, kepada KWT yang mengikuti lomba Pemanfaatan lahan dengan tanaman sayuran. 

Hadir pada kesempatan itu, Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr, dari Institut Pertanian Bogor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanggamus, anggota DPRD, Camat dan Uspika, Kepala BPP Talang Padang, Kepala Pekon Se-Kecamatan Talang Padang serta Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh pemuda, para Kelompok tani, Kelompok Wanita Tani, dan Gabungan Kelompok tani Kecamatan Talang Padang.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Institut Pertanian Bogor (IPB) yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) Tanggamus untuk melaksanakan percontohan padi organik di Lahan percontohan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kec. Talang Padang.

Pelaksanaan acara ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tapi terpenting dengan kegiatan ini diharapkan peran serta para petani dan Kelompok Wanita Tani dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanggamus, melalui pembangunan bidang pertanian, akan terus meningkat dan lebih baik. 

“Dimana kegiatan percontohan padi organik ini manfaatnya sangat besar bagi masyarakat khususnya para petani, yaitu ilmu pengetahuan meningkat, dan apabila diterapkan/diaplikasikan maka dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan,” ujarnya. 

“Untuk itu, saya menghimbau kepada para petani di Kabupaten Tanggamus, marilah kita berperan aktif membudidayakan padi organik sehingga akan terbentuk klaster padi organik di Kabupaten Tanggamus khususnya di Kecamatan Talang Padang yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan pasar. Selanjutnya, saya senang dan bangga bahwa ibu-ibu yang tergabung dalam KWT telah aktif di dalam upaya Pemanfaatan Pekarangan, karena yakinlah memanfaatkan pekarangan rumah akan memiliki manfaat cukup banyak,” ungkap Dewi . 

Sementara Kepala Dinas Ketahanan pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) Tanggamus, Catur Agus Dewanto dalam laporannya menyampaikan bahwa BPP talang Padang ini mempunyai lahan organik. 

“BPP Talang Padang ini salah satu BPP tertua di Kabupaten Tanggamus. Dari Lampung Selatan dulu, salah satu dari empat BPP yang mempunyai lahan organik,” ungkap Catur. (ehl/rls/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: