Bupati Mesuji Saply TH Lantik dan Ambil Sumpah 57 Kepala Desa Terpilih

Bupati Mesuji Saply TH Lantik dan Ambil Sumpah 57 Kepala Desa Terpilih

Medialampung.co.id - Bupati Mesuji Saply TH melantik dan mengambil sumpah jabatan 57 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak yang digelar 1 November 2021. 

Kegiatan tersebut digelar di Gedung serba guna (GSG) Taman Keankeragaman hayati (Kehati) Desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjungraya, Kamis (18/11).

Bupati Saply mengatakan Berbagai tahapan-tahapan pilkades yang dilalui merupakan sebagai sebuah perwujudan demokrasi masyarakat desa yang telah dilaksanakan dengan tertib, baik dan aman. Meskipun tidak dapat dipungkiri, kendala itu tetap ada, tapi masih dalam ambang kewajaran proses demokrasi.

Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini, ia mengajak kepada Kepala desa terpilih, tidak hanyut pada euforia kemenangan saja, tapi untuk segera mempelajari aturan-aturan hukum yang terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai kepala desa.

Sehingga dapat langsung melaksanakan tugas, dengan mengacu RPJMDes, yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program, serta dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

Selain itu masih kata Bupati Pemerintah desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien dan tentunya mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting. 

Seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah desa menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah.

Dengan demikian, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan pula oleh keberhasilan kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. (adv/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: