Bupati Mesuji Buka Pelatihan Kades Terpilih

Bupati Mesuji Buka Pelatihan Kades Terpilih

Medialampung.co.id - Bupati Mesuji Saply TH membuka kegiatan pelatihan awal masa jabatan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala Desa serentak tahun 2019.

Acara yang berlangsung di Balai Desa Gedung Ram Kecamatan Tanjung Raya Selasa (25/2) itu diikuti sebanyak 20 kepala desa terpilih pada Desember 2019 lalu dan telah di Lantik pada awal Januari 2020 lalu dari beberapa kecamatan yang ada di Mesuji.

"Kepala desa terpilih dituntut memahami tugas pokok dan fungsi, terutama berkaitan dengan pengelolaan dan penggunaan anggaran desa. Hal ini agar penyelenggaraan pemerintahan desa dapat berjalan sesuai norma hukum yang berlaku," kata Bupati Mesuji Saply TH dalam sambutannya saat membuka acara pelantihan awal masa jabatan kades terpilih tersebut.

Selain itu orang nomor satu di Bumi Ragab Begawe Caram tersebut menyampaikan bahwa Kades harus melayani dan mengayomi masyarakat.

Kades merupakan ujung tombak jalannya Pemerintahan di Desa sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan prima, mengayomi masyarakat, memberdayakan masyarakat desa dan dapat bekerja sama dengan BPD dan juga selalu berkordinasi dengan pemerintah Daerah untuk membangun desa.

"Jadi Dengan pelatihan ini saya harap  mampu memberikan bekal kapada para Kepala Desa, saya meminta agar pelatihan ini diikuti dengan serius dan simak semua materi yang diberikan per materi sehingga dapat diterapkan dalam mengatur Pemerintahan Desa dan mengembangkan potensi desa masing-masing,” pungkasnya.

Sementara kepala (DPMD) Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Mesuji Sunardi mengatakan, para kepala desa yang mengikuti pembekalan ini adalah kepala desa yang terpilih hasil pemilihan Kepala Desa tahun 2019 lalu dan telah di Lantik pada Januari 2020 lalu dengan total sebanyak 20 orang.

Tujuanya yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada kepala Desa sehingga peran aktif kepala  desa dapat mengoptimalkan pembangunan di desa dan kades dapat menjadi pelopor dalam pembangunan Desa.

Dalam kegiatan pelatihan kepala desa itu, yakni Bupati Mesuji Saply TH, Kapolres Mesuji AKBP Alim, sekkab Mesuji Edison Basid kepala DPMD Mesuji Sunardi dan para camat yang ada di kabupaten Mesuji.(muk/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: