Bupati Lamtim Serahkan BLT-DD di Pekalongan

Bupati Lamtim Serahkan BLT-DD di Pekalongan

Medialampung.co.id - Masyarakat terdampak Covid-19 di Kecamatan Pekalongan Lampung Timur menerima bantuan langsung tunai (BLT), Rabu (6/4).

Secara simbolis BLT yang bersumber dari dana desa (DD) itu diserahkan Bupati Lamtim M. Dawam Rahardjo. 

Menurutnya, penyaluran BLT-DD merupakan salah satu bukti pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan. 

Lebih lanjut, Dawam berpesan agar BLT-DD itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari. Terutama kebutuhan selama Ramadhan 1443 Hijriah ini. 

“Semoga BLT-DD ini dapat bermanfaat dan membawa barokah bagi penerimanya,” ujar Dawam Rahardjo didampingi Kadis PMD Yudi Irawan dan Camat Pekalongan Selamet Hariyanto. 

Kesempatan yang sama Camat Pekalongan Selamet Hariyanto menjelaskan, total penerima BLT-DD  sebanyak 1.357 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 12 desa.

Untuk tahap awal, BLT-DD disalurkan kepada 663 KPM yang tersebar di Desa Wonosari, Kali Bening, Gantimulyo, Gantiwarno, Pekalongan dan Jojog. 

Sedangkan, tahap berikutnya untuk Desa Tulusrejo, Siraman, Gondangrejo, Adijaya, Sidodadi dan Adirejo.

“Masing-masing KPM menerima BLT-DD sebesar Rp300 ribu per bulan selama 3 bulan,” terang Selamet Hariyanto. 

Diketahui, untuk tahun 2022 masing-masing desa harus mengalokasikan anggaran sedikitnya 40% dari total DD untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT). 

Kemudian, 20% untuk program ketahanan pangan dan hewani dan 8% untuk dukungan pendanaan penanganan Covid-19. Itu merujuk Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021 tentang penggunaan dana desa. 

“Bila desa penerima DD tidak mengalokasikan anggaran BLT. Maka, tahun depan alokasi DD untuk desa tersebut dipangkas 50%,” jelas Kadis PMD Yudi Irawan. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: