BPBD Tanggamus Siaga 1x24 Jam

BPBD Tanggamus Siaga 1x24 Jam

Medialampung.co.id - Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus, memberlakukan jam piket 1x24 jam kepada personilnya, untuk selalu siap melakukan penanggulangan jika sewaktu-waktu terjadi musibah bencana alam .

Langkah ini dilakukan menyusul peringatan dari BMKG terkait waspada cuaca ekstrem yang dikhawatirkan terjadi hingga Maret mendatang.

Untuk itu, Kepala bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Tanggamus Edi Nugroho menugaskan sebanyak 6 orang personil untuk piket secara bergantian di posko kantor BPBD setempat pada setiap harinya .

"Adanya personil piket ini diharapkan jika terjadi bencana seperti tanah longsor dan lain lain, Personil BPBD bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan,” terang Edi Nugroho.

Misalnya jika terjadi tanah longsor, bisa cepat mengkoordinasikan penggunaan alat berat untuk evakuasi material longsor. Dimana BPBD sendiri saat ini miliki 1 unit alat berat eksavator .

Artinya, jika dibutuhkan eksavator lebih dari 1, maka bisa segera mengajukan pinjaman kepada Dinas PUPR yang memiliki 4 eksavator.

Karena sebagai daerah yang memiliki topografi alam pegunungan, lembah dan Pesisir pantai, wilayah Tanggamus rawan terjadi bencana, seperti tanah longsor dan banjir,  pungkasnya. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: