BPBD Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

BPBD Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Medialampung.co.id - Beberapa bulan kedepan, Kabupaten Lampung Barat diprediksi akan dilanda cuaca ekstrim, dimana curah hujan diprediksi akan terus meningkat, yang  tentunya berpotensi menyebabkan bencana alam seperti  banjir dan longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Maidar, SH, M.Si., mengatakan, dalam rangka menghadapi cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi pada periode  bulan November 2020 lalu hingga Maret 2021 mendatang, maka pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh camat yang ada di kabupaten setempat.

”Kami sudah mengirimkan surat kepada seluruh camat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat menyikapi prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait dengan telah memasukinya musim penghujan,” ungkap Maidar.

Pihaknya juga telah meminta camat untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk memastikan kesiapan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana (PB) pekon yang telah dibentuk.

”Untuk kami di BPBD sendiri sudah standby, baik sarana dan prasarana pendukung, seperti perahu, mesin chainsaw maupun peralatan pendukung lainnya sudah siap, begitu juga dengan personel juga sudah siap untuk diturunkan ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam,” kata dia.

Selanjutnya, koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) terkait dengan alat berat juga sudah dilakukan, dan sewaktu-waktu alat berat dibutuhkan karena terjadi bencana longsor maka siap untuk diturunkan.

”Begitu juga dengan pihak-pihak lainnya, koordinasi terus kami tingkatkan dalam rangka menghadapi curah hujan yang terus meningkat, dan secara umum tidak ada kendala hanya saja tentunya kita tetap berdoa semoga bencana alam seperti banjir,  longsor  dan bencana lainnya tidak terjadi,” pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: