Untuk Jadi Embarkasi Haji Penuh, Bandara Radin Inten II Lampung Harus Lengkapi Persyaratan

Untuk Jadi Embarkasi Haji Penuh, Bandara Radin Inten II Lampung Harus Lengkapi Persyaratan

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo --

Medialampung.co.id - Ada beberapa yang harus di lengkapi demi mewujudkan Bandara Radin Inten II sebagai embarkasi haji penuh oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. 

Hal itu katakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo saat dimintai keterangan, Rabu (8/6).

Bambang mengatakan persyaratan yang harus dilengkapi tersebut ialah instrument landing system (ILS) serta overlay runway atau tebal lapis tambahan.

"Beberapa yang harus dilengkapi Pertama ILS itu adalah alat navigasi untuk mendaratkan pesawat jadi dengan kondisi cuaca apapun pesawat tetap bisa landing," ungkapnya. 

Lanjutnya, persyaratan yang juga harus dilengkapi yakni daya dukung landas pacu. Ketebalan landas pacu di Bandara Radin Inten saat ini 63 hingga 68 centimeter sementara yang diminta ialah 74 centimeter.

"Ini memang digunakan untuk pesawat internasional seperti Saudi Arabia yang mengharuskan adanya alat itu. Kita akan terus lengkapi persyaratan nya karena memang sempat terkendala karena pandemi Covid-19," terangnya. 

Ia juga mengatakan PT. Airnav Indonesia sudah mulai memindahkan beberapa alat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Radin Inten guna mendukung terwujudnya embarkasi haji penuh.

"Ada beberapa alat yang sudah dipindahkan dan pada akhir tahun ini bisa dipasang," kata dia. 

Ia juga mengatakan jika dari jumlah jemaah yang berangkat ke tanah suci, Bandara Radin Inten sudah memenuhi persyaratan dimana setiap tahunnya memberangkatkan tujuh ribu an jemaah.

 

"Kita sudah ada 19 kloter lebih, artinya ini sudah mencukupi apalagi waiting list haji ini 20 tahun. Untuk target ini sekitar dua sampai tiga tahun kedepan sudah harus bisa embarkasi haji," pungkasnya. (ded/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: