PKBI Cabang Lambar Gelar Lomba Duet Mewarnai 2022

PKBI Cabang Lambar Gelar Lomba Duet Mewarnai 2022

--

Medialampung.co.id - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat menggelar Lomba Duet Mewarnai 2022 (LDM’22). 

Kegiatan kali ini dilaksanakan di Kelompok Bina Anaprasa (Pembinaan Anak Pra Sekolah) “LENTERA” (Lembah Nurani Tenggang Rasa) yang ada di Pemangku Sukamakmur, Pekon Bandarbaru, Kecamatan Sukau. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan Posyandu di Pemangku tersebut, Rabu (8/6). 

Sekretaris PKBI Cabang Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang setempat Partinia, S.Pd,  M.M mengungkapkan, kegiatan yang bertemakan “Pioneer for Good” (Pelopor untuk Kebaikan)  dengan sub tema “Berbuatlah dengan Hati, Berkreasilah dengan Rasa” dibuka Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat, Drs. Tono Suparman.  

Gelaran kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Pemangku Sukamakmur, dan Ketua kelompok Bina Anaprasa  “Lentera” Yunainy beserta pengurus lainnya. 

“Kegiatan tersebut diikuti oleh 33 pasang peserta. Masing-masing peserta terdiri dari dua orang, jadi jumlah peserta seluruh sebanyak 66 orang,” ungkap Sandarsyah, Rabu (8/6).

Menurut dia, pada umumnya Lomba Mewarnai dilakukan anak-anak secara tunggal. Kali ini PKBI Cabang Lampung Barat melakukan sedikit berbeda dari biasanya. Peserta merupakan berduet/berpasangan antara anak dengan orang tua, bisa bapak ataupun ibunya. 

Anak dan orang tua mewarnai objek gambar yang berbeda. Pada saat mewarnai gambar, anak dan orang tua berdampingan dengan menggunakan pensil warna/crayon yang dibawa oleh sang anak.

“Ada tiga kriteria penilaian dalam kegiatan Lomba Duet Mewarnai 2022 ini, yaitu Komunikasi aktif dan pasif, Kerjasama dan kekompakan masing-masing pasangan, serta materi hasil karya mewarnai itu sendiri,” ucapnya.

Masih kata dia, panitia memilih lima pasang pemenang yaitu Juara I, II, III, Harapan I, dan Harapan II yang masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang dan piagam penghargaan.

Dan sebagai wujud penghargaan kepada peserta yang tidak menang/tidak mendapatkan juara panitia juga memberikan piagam peserta dan souvenir. Materi souvenir merupakan sumbangan pribadi salah satu pengurus PKBI Cabang Lampung Barat, Cahyani Susilawati, S.K.M,  M.Kes.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi dan perhatian yang besar kepada kelompok Bina Anaprasa “Lentera” yang ada di pemangku Sukamakmur,  yang masih tetap konsisten dan konsekuen menjalankan institusi/lembaga sesuai dengan Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) yang telah disepakati,” tegasnya.

Selanjutnya, memberikan wadah atau ajang bagi putra-putri bangsa untuk mengekspresikan BAKMI (Bakat dan Minat) di bidang seni rupa, khususnya mewarnai gambar (Picture Colourful). 

Sementara tujuan dari LDM’22 ini adalah untuk meningkatkan daya nalar (akal budi) untuk berkreasi (daya cipta), khususnya pada anak usia dini dalam berkarya dan menciptakan benda seni atau tak benda seni.

“Hasil yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah lahirnya dan munculnya banyak Drawer (ahli gambar) dari Sukamakmur Bandar Baru di masa yang akan datang sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat,” harapnya.

 

Pada akhir kegiatan panitia menetapkan lima pemenang pasangan orang tua dan anak, juara I pasangan Ade Mentari dan Arsyila Humaira, juara II pasangan Rosi Dahlia dan Fakhira Salwa Anabila, juara III pasangan Suhendi dan M. Hakim Fahreza. Lalu juara Harapan I pasangan Maryati dan Aulia Safira, dan juara Harapan II pasangan Surya Kencana dan Meiyura Lestari. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: