Cegah PMK, DKPP Imbau Hewan Kurban Tidak Dari Luar Daerah

Cegah PMK, DKPP Imbau Hewan Kurban Tidak Dari Luar Daerah

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

Medialampung.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau masyarakat di kabupaten setempat yang akan melaksanakan kurban pada Hari Raya Idul Adha agar tidak membeli sapi dari luar daerah. Hal itu untuk menghindari masuknya penyakit mulut dan kuku di Kabupaten Pesbar.

Kadis KPP Pesbar Unzir, S.P., mengatakan kini pencegahan penularan PMK sedang gencar dilakukan, terutama menjelang hari raya idul adha, masyarakat diimbau agar memanfaatkan sapi dari kabupaten setempat.

“Sekarang pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pencegahan penularan PMK, termasuk di Kabupaten Pesbar karena itu masyarakat yang akan melaksanakan kurban agar membeli hewan kurban dari peternak di kabupaten ini,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan kurban, masyarakat juga diminta agar menyiapkan hewan ternak yang sehat ha itu untuk mencegah penularan PMK ke hewan ternak lainnya.

“Sampai sekarang belum ada kasus PMK di Kabupaten Pesbar, karena itu kita minta agar masyarakat tidak membeli hewan kurban dari luar daerah, hal itu agar tidak ada penularan PMK di kabupaten ini,” jelasnya.

Menurutnya, dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan harus menggunakan alat pelindung diri (APD), sesuai dengan arahan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

 

“Kementerian telah mengeluarkan aturan terkait pelaksanaan pemeriksaan hewan ternak, meski tidak menular ke manusia tapi manusia bisa menjadi perantara penularan penyakit,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: