Masa Kampanye Pilratin di Pesbar Hanya Tiga Hari

Masa Kampanye Pilratin di Pesbar Hanya Tiga Hari

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

Medialampung.co.id - Masa kampanye calon Peratin di 68 Pekon se-Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang akan melaksanakan Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak tahun 2022, hanya berlangsung selama tiga hari. 

Meski begitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) setempat berharap seluruh calon dan masyarakat tetap menjaga kondusifitas wilayah.

Plt. Kabid Kelembagaan dan Pemerintah Pekon, Hendri Setiawan, S.T., mendampingi Kepala Dinas PMP Pesbar, M. Nursin Candra, S.Pd, M.M., mengatakan, sesuai jadwal yang ada bahwa masa kampanye calon peratin di 68 Pekon pada Pilratin serentak 2022 itu mulai 21-23 Juli mendatang, artinya hanya tiga hari.

“Dalam pelaksanaan kampanye calon Peratin harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, walau dilaksanakan hanya tiga hari. Mudah-mudahan itu bisa dimanfaatkan maksimal oleh seluruh calon Peratin,” katanya, Selasa (7/6).

Dijelaskannya, dalam proses tahapan Pilratin serentak di 68 Pekon yang akan melaksanakan Pilratin serentak itu hingga kini masih berlangsung aman dan kondusif. 

Meski begitu tentu diharapkan bisa terus dipertahankan sampai selesai pelaksanaan Pilratin serentak nanti. Jangan sampai terjadi tidak kondusif, karena itu jelas akan berdampak terhadap pelaksanaan Pilratin maupun antar masyarakat.

“Kita berharap sampai dengan pelaksanaannya tidak ada kendala, untuk itu terhadap panitia Pilratin di tingkat Pekon agar terus berkoordinasi dengan Kecamatan maupun Dinas PMP jika terjadi adanya kendala dilapangan,” jelasnya.

Masih kata dia, sebelum tahapan kampanye nanti, seluruh calon Peratin juga akan melaksanakan deklarasi damai pada 5 Juli 2022 mendatang. 

Deklarasi damai yang akan dilaksanakan itu salah satunya untuk mempertegas selama pelaksanaan Pilratin serentak tidak terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), maupun ketidakkondusifan lainnya. 

Untuk itu, seluruh calon Peratin diharapkan benar-benar menjaga kondusifitas wilayah.

 

“Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya tindakan-tindakan yang dapat mengganggu kamtibmas di pekon masing-masing. Saat ini kita masih memverifikasi data calon Peratin untuk persiapan pencetakan surat suara,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: