Besok, EPP Tingkat Kabupaten Mulai Digelar

Besok, EPP Tingkat Kabupaten Mulai Digelar

Medialampung.co.id – Tim evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lambar tahun 2020  mulai besok, Senin (9/3) akan melakukan penilaian di tingkat pekon, dan sesuai dengan jadwal untuk hari pertama,  penilaian akan dilaksanakan di Pekon Buaynyerupa Kecamatan Sukau dan Pekon Padangdalom Kecamatan Balikbukit.

“Besok  tim sudah mulai turun ke pekon untuk melakukan penilaian.  Saya berharap tim evaluasi perkembangan pekon tetap solid untuk melakukan evaluasi dan pembinaan kepada pekon,” kata Kepala DPMP Ronggur L Tobing, S.I.P, M.Si.

Lebih jauh dia mengatakan, sesuai dengan jadwal untuk EPP tingkat Kabupaten Lambar akan dilaksanakan mulai Senin-Kamis (9-19/3/2020), yaitu Senin (9/3) di Pekon Buaynyerupa Kecamatan Sukau dan Pekon Padangdalom Kecamatan Balikbukit, Selasa (10/3) di Pekon Bedudu Kecamatan Belalau dan Pekon Canggu Kecamatan Batubrak, Rabu (11/3) Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau dan Pekon Atar Bawang Kecamatan Batuketulis, serta Kamis (12/3) penilaian EPP dilaksanakan di Pekon Ujungrembun Kecamatan Lumbokseminung.

Kemudian, Senin (16/3) Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa dan Pekon Puralaksana Kecamatan Waytenong, Selasa (17/3) Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu dan Pekon Way Petai Kecamatan Sumberjaya, Rabu (18/3) Pekon Suka Damai Kecamatan Airhitam dan Pekon Ciptawaras Kecamatan Gedungsurian serta Kamis (19/3) di Pekon Ringinsari Kecamatan Suoh dan Pekon Trimekar Jaya Kecamatan Bandarnegeri Suoh.

Kata Ronggur, adapun  indikator EPP tahun 2019 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat,  pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.

Lalu, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi.

Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat.

“Kita berharap pelaksanaan EPP tahun ini berjalan lancar,” ucapnya seraya menambahkan, tim penilai lomba EPP tingkat kabupaten terdiri dari DPMP, Tim Penggerak (TP) PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Kemudian, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  (DTPH), Satuan Polisi Pamong Praja, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik,  Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta Dinas Perikanan.(lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: