1.215 Guru di Lambar akan Terima Dana TPG-PNSD Triwulan I

1.215 Guru di Lambar akan Terima Dana TPG-PNSD Triwulan I

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

Medialampung.co.id – Kabar gembira bagi guru di Kabupaten Lambar yang telah lulus sertifikasi. 

Pasalnya, pemerintah pusat telah merealisasikan dana Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (TPG-PNSD) sebesar Rp18,899 miliar. 

“Pemerintah pusat tahun ini akan mengucurkan dana alokasi khusus (DAK) non fisik tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah (TPG-PNSD) sebesar Rp62,997 miliar namun yang telah masuk ke kas daerah baru Rp18,899 miliar,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Senin (6/6).

Menurut dia, dana TPG-PNSD tersebut kegunaannya untuk membayar tunjangan guru yang telah lulus program sertifikasi. 

“Untuk proses pencairannya, sepanjang ada pengajuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maka kita siap memprosesnya guna dilakukan pencairan,” ujar Okmal. 

Dilain pihak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M., mengungkapkan, Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  tentang pembayaran TPG PNSD triwulan I tahun 2022 di Kabupaten Lambar telah terbit. 

Bulki memaparkan, sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan jumlah guru penerima TPG PNSD di Kabupaten Lambar triwulan I sebanyak 1.215 orang, rinciannya guru Taman Kanak-kanak (TK) K 35 orang, pengawas 22 orang, Sekolah Dasar (SD) 829 orang dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 329 orang.  

“Total anggaran untuk TPG triwulan I sebesar Rp14 miliar lebih termasuk didalamnya pajak,” kata Bulki.

Saat ini, lanjut Bulki, pihaknya masih melakukan proses entri data untuk pengajuan ke BPKD guna dilakukan pencairan dana. 

 

“Kita berharap para guru untuk bersabar,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: