Bapenda Lampung Optimis Capai Target PAD dari 5 Pajak

Bapenda Lampung Optimis Capai Target PAD dari 5 Pajak

Medialampung.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalaui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung optimis mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini.

Keyakinan pencapaian itu melalui lima pajak yang dikelola Bapenda, yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Pajak Air Permukaan, dan Pajak Rokok.

"Target PAD yang dipatok untuk PKB Rp1,064 triliun, BBNKP Rp624 miliar, pajak BBKB Rp530 miliar, Pajak Air Permukaan Rp4 miliar, dan Pajak Rokok Rp574 miliar," kata Kepala Bapenda Lampung, Adi Erlansyah.

Lanjutnya, triwulan pertama realisasi PAD tertinggi berasal dari pajak BBKB yang telah mencapai 25,04 % atau Rp132 miliar, pajak Air Permukaan 20,60 % (Rp824 juta), BBNKB 18 % (Rp112 miliar), dan PKB 16,23 % (Rp1,76 miliar).

“Khusus untuk rokok kita terima dari pusat, jadi bukan di kita. Karena sifatnya berdasarkan data dari pusat. Data kelima pajak ini Triwulan satu sampai tanggal 20 Maret,” terangnya.

Ia juga mengatakan saat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu PKB tercapai dan BBNKB tidak tercapai.

“Alasan tidak tercapai BBNLB, karena di masa pandemi Covid-19 orang membeli kendaraan baik baru dan bekas turun drastis,” tuturnya.

Namun, di tahun 2021 ini dirinya optimis target PAD yang telah ditetapkan dapat tercapai.

“Optimis tercapai. Seperti target pemutihan optimis, begitu pula yang di luar pemutihan,” pungkasnya (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: