Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah di Kotaagung

Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah di Kotaagung

Medialampung.co.id - Puluhan rumah di Dusun Kapuran, Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung terendam banjir rob sejak Sabtu malam. Hingga Minggu pagi (7/11) air masih menggenangi pemukiman kampung nelayan tersebut.

Menurut Lurah Pasarmadang, Dede Chandra, air laut mulai pasang setelah salat Magrib, puncaknya Sabtu malam sekitar pukul 21.00 WIB, air sudah merendam pemukiman.

"Banjir rob merendam pemukiman warga di tiga RT yaitu RT 10, RT.14 dan RT.16, diperkirakan ada 40 an rumah terdampak. Ketinggian air sendiri saat malam mencapai 60 cm dan Minggu pagi sudah mulai surut," kata Dede saat dihubungi Minggu pagi (7/11).

Dilanjutkan Dede, dari tiga RT terdampak, yang paling parah terjadi di RT 16, dimana ada 10 rumah alami kerusakan, rinciannya 3 rusak sedang dan tujuh rumah rusak ringan.

"Ada lima kepala keluarga (KK) di RT 16 yang mengungsi ke rumah kerabat. Dinas terkait seperti BPBD, Polsek Kotaagung, Koramil Kotaagung, Polairud dan TNI AL telah turun," ujar Dede.

Diakui Dede bahwa untuk bantuan saat ini memang belum turun, namun kerusakan akibat rob sudah didata dan masih menunggu arahan lebih lanjut dari pimpinan di tingkat atas."Sudah kami laporkan, saat ini kita tinggal menunggu turunnya bantuan. 

Masih kata Dede bahwa berdasarkan keterangan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Panjang Lampung, penyebab air pasang dikarenakan adanya fenomena fase bulan baru (purnama) yang mempengaruhi pertambahan tinggi pasang air laut.

"Saya juga imbau agar warga pesisir pantai khususnya Kapuran agar waspada sebab Rob diprediksi berlangsung selama lima hari," pungkas Dede.(ehl/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: