Banjir Bandang Terjang Kelumbayan

Banjir Bandang Terjang Kelumbayan

Medialampung.co.id - Banjir bandang terjang sejumlah Pekon (desa) di Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Rabu (15/12) Sekitar Pukul 02.30 WIB. Selain banjir hujan deras juga menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Kelumbayan Barat. 

Camat Kelumbayan, Nauval Syahri ketika dikonfirmasi Radar Lampung.co.id mengatakan, akibat banjir sungai Way Balak dan Way Napal tersebut sejumlah Pekon terdampak diantaranya, Pekon Napal, Pekon Penyandingan, Pekon Susuk dan Pekon Negeri Kelumbayan. 

Air dengan ketinggian sekitar 50 cm hingga 1 meter sempat merendam pemukiman warga, namun untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang yang terjadi dini hari itu. 

“Sedangkan terkait kerugian materil, hingga sekitar Pukul 13.30 WIB pihak kecamatan bersama Tim BPBD yang langsung dipimpin Kepala BPBD Tanggamus, Ediyan M Toha masih melakukan pendataan untuk mengetahui kerugian akibat banjir,” kata Nauval Syahri. 

Nauval juga menambahkan, kondisi banjir juga diperparah akibat air laut pasang di bagian muara sungai Way Balak, sehingga air meluap ke pemukiman warga.

Sementara Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus, Ediyan M Toha saat dikonfirmasi mengatakan, selain banjir di kecamatan Kelumbayan, juga terjadi tanah longsor pada sejumlah titik di Kecamatan Kelumbayan Barat. 

“Kami BPBD telah membentuk dua tim untuk mendata berbagai kerusakan dan kerugian akibat banjir dan tanah longsor ini,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, pada siang hari itu kondisi air telah mulai surut. Posko tanggap bencana juga telah didirikan di halaman kantor Kecamatan Kelumbayan. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: