Awas! Penipuan Berkedok Tim Medis COVID-19

Awas! Penipuan Berkedok Tim Medis COVID-19

Medialampung.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan aksi penipuan mengatasnamakan tim kesehatan medis yang datang ke rumah warga. 

Dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro A Nasir AT, terjadi di beberapa daerah aksi penipuan yang mengaku tim medis datang ke rumah-rumah warga dengan alasan melakukan cek penyebaran virus Corona yang berujung dengan meminta imbalan ataupun pencurian.

"Saya sudah mendengar informasi penipuan modus ini terjadi di daerah lain. Di Metro saya belum dapat laporan. Meskipun begitu, saya menghimbau masyarakat untuk berhati-hati, jangan mudah percaya," ungkapnya kepada Medialampung.co.id, Minggu (29/3).

Menurutnya, petugas survei Tim Kesehatan Medis yang melakukan kroscek ke rumah warga orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pantauan (ODP) di dampingi dengan petugas kepolisian dan pamong setempat.

"Tim medis yang melakukan survei ke rumah warga memiliki data lengkap OTG dan ODP. Jadi tidak ke sembarangan rumah warga. Dan juga didampingi oleh pihak berwajib dan pamong setempat," ungkapnya.

Dijelaskannya juga, bagi RT dan RW yang mendapati warganya baru kembali dari bepergian ke luar negeri atau keluar daerah bisa melaporkan posko pelayanan dan posko pengaduan yang telah disediakan Pemkot Metro.

"Lurah harus aktif mengimbau RT RW nya untuk saling berkoordinasi jika ada warganya yang baru pulang dari luar negeri maupun luar daerah, jangan sampai info-info dari Pemkot putus di Lurah, lurah harus terus sosialisasi ke bawah," terangnya.

Ditambahkan Nasir, Pemkot Metro juga telah membuka layanan pengaduan Covid-19 di layanan Call Center nomor 0821-8021-9279 (WhatsApp), Telpon 0852-7382-777, dan Posko Pemkot Metro 0822-8907-2097 atau melalui Website Pemkot Metro.(pip/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: