Aparat Pekon Wajib Lapor Jika Ada Tamu Dari Luar Pesbar

Aparat Pekon Wajib Lapor Jika Ada Tamu Dari Luar Pesbar

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), minta seluruh peratin dan aparat pekon agar aktif menyampaikan laporan keberadaan tamu dari luar atau warga yang baru pulang dari daerah lain di luar Kabupaten Pesbar.

Hal itu agar, petugas kesehatan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat yang baru tiba dari bepergian ke luar Kabupaten Pesbar untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Lisma Yunita, S. St., mengatakan salah satu cara mencegah penularan Covid-19 itu adalah mengetahui sejak dini kondisi kesehatan masyarakat, terutama warga yang baru pulang dari daerah terpapar virus tersebut.

“Kami berharap jika ada warga yang baru tiba dari luar Kabupaten Pesbar, tidak langsung menuju kerumah, melainkan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan terdekat, salah satunya Puskesmas,” kata dia.

Dijelaskannya, jika tidak ingin langsung ke Puskesmas, maka petugas kesehatan siap mengunjungi rumah warga untuk melakukan pemeriksaan secara langsung, hal itu untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan terkait merebaknya wabah virus corona.

“Begitu tiba harus segera laporkan, jangan sampai menunggu beberapa hari baru menyampaikan laporan, karena jika ada warga yang positif terjangkit Covid-19 maka penularannya akan sangat cepat, bukan tidak mungkin anggota keluarga lainnya akan tertular,” jelasnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk mewaspadai serangan virus itu hingga kini masih sangat rendah, karena itu pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan lebih waspada dengan adanya wabah itu.

“Kami berharap masyarakat tidak acuh dengan masalah ini, instruksi pemerintah agar dipatuhi, sekarang sudah ada kebijakan untuk tidak keluar rumah, bahkan kegiatan hiburan yang melibatkan orang banyak juga sudah tidak diperbolehkan lagi,” terangnya.

Ditambahkannya, kini Kabupaten Pesbar masih aman dari virus corona, pihaknya berharap masyarakat dapat menjaga kondisi itu dengan mematuhi himbauan pemerintah agar wabah itu tidak merebak di kabupaten setempat.

“Salah satu upaya untuk menjaga kabupaten ini tetap aman dari serangan Covid-19 adalah kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya, jika ada gejala yang mengarah ke Covid-19 agar memeriksakan diri ke Puskesmas, warga yang baru tiba juga harus diperiksa agar diketahui kondisi kesehatannya,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: