Antisipasi Corona, Pawai Ogoh-Ogoh Ditiadakan

Antisipasi Corona, Pawai Ogoh-Ogoh Ditiadakan

Medialampung.co.id – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah mengeluarkan himbauan pencegahan penularan virus corona (Covid-19) terkait pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1942 yang jatuh pada Rabu (25/3) mendatang.

Ketua PHDI Kabupaten Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., mengatakan, berdasarkan surat PHDI Provinsi Lampung No.047/ED/PHDI Lampung/III/2020 dan hasil rapat kerja bersama pengurus adat dan pengurus Peradah, pengurus WHDI, pengurus Prajaniti serta tokoh umat dan pemuda Kabupaten Pesbar pada 16 Maret 2020 itu ada beberapa hal imbauan yang telah disampaikan kepada ketua adat maupun masyarakat umat Hindu di Kabupaten setempat.

“Imbauan yang telah disampaikan terkait pelaksanaan hari raya Nyepi tahun ini, sebagai partisipasi PHDI dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Pesbar,” katanya, Kamis (19/3).

Dikatakannya, dalam imbauan itu ada beberapa hal yang disampaikan antara lain seluruh umat Hindu di Kabupaten Pesbar dapat berpartisipasi dalam pencegahan virus corona, dengan menjaga kesehatan diri dan menerapkan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) serta menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

“Selain itu tidak mengadakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan umat kecuali ada hal-hal yang sangat mendesak dan penting,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Nyoman, berkaitan dengan rangkaian perayaan hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1942 itu diimbau agar umat Hindu melaksanakan upacara melasti di Beji lingkungan Pura masing-masing Desa Adat.

Kemudian, melaksanakan upacara Tawur Agung Kesangan di lingkungan Pura di Desa adat setempat. Masyarakat umat Hindu juga dihimbau untuk tidak melaksanakan kegiatan pawai Ogoh-Ogoh, selain itu untuk pelaksanaan Catur Brata Penyepian dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Kami berharap imbauan yang telah disampaikan itu menjadi perhatian masyarakat umat Hindu di Kabupaten Pesbar. Selain itu diharapkan dalam perayaan hari raya Nyepi nanti terlaksana dengan baik dan berjalan lancar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: