Alokasi Kursi Berkurang, PDIP Pesawaran Tetap Optimis di Pileg 2024

Alokasi Kursi Berkurang, PDIP Pesawaran Tetap Optimis di Pileg 2024

Medialampung.co.id - Potensi berkurangnya alokasi kursi di DPRD Pesawaran sebanyak lima kursi, membuat target perolehan kursi yang telah ditetapkan oleh masing-masing partai politik diprediksi bisa meleset.

"Tentu akan berpengaruh terhadap seluruh partai politik khususnya di Pesawaran. Target yang telah ditetapkan oleh masing-masing partai termasuk PDIP Pesawaran pun bisa meleset," ungkap Ketua DPRD Pesawaran sekaligus politisi PDIP Pesawaran, Suprapto.

Dikatakan, jika jumlah penduduk kabupaten pesawaran 477.165 hingga nanti Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) diserahkan ke KPU sekitar Oktober mendatang, tentunya alokasi kursi DPRD Pesawaran berkurang lima kursi.

"Menurut saya kalau terjadi pengurangan alokasi kursi karena memang jumlah penduduk juga gak mungkin terkejar mencapai 45 kursi. Paling tidak berkurang lima kursi," ucapnya.

Meskipun berkurang lima kursi, namun lanjut Suprapto PDIP tetap optimis dan memasang target memperoleh kursi tertinggi pada pileg 2024 mendatang. 

Tentunya, dengan berkurangnya lima kursi, akan mempengaruhi jatah kursi per daerah pemilihan (Dapil).

"Terkait berapa pengurangan dalam setiap dapilnya, nanti akan kita bahas bersama parpol lain ke KPU. Pasti, berkurangnya kursi, maka persaingan akan semakin ketat. Namun kami (PDIP) tetap memasang target yang telah kita tetapkan sejak awal," pungkasnya.

Sementara berdasar pemutakhiran data yang telah dilakukan Disdukcapil Kabupaten Pesawaran, jumlah penduduk setempat sekitar 477.165. 

Hal itu tentunya berimbas pada berkurangnya kursi anggota DPRD di kabupaten setempat yang semula 45 kursi menjadi 40 kursi pada periode pemilu 2024 mendatang.

Jika merujuk pada undang undang nomor 7/2017 tentang pemilihan umum pasal 191 ayat 2 huruf (e) disebutkan kabupaten/kota dengan jumlah penduduk lebih dari 400.000 (empat ratus ribu) orang sampai dengan 500.000 (lima ratus ribu) orang memperoleh alokasi 40 (empat puluh) kursi.(ozi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: